• 15 April 2024 01:24

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Jakarta – Sebanyak 843 peserta antusias mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, yang dilaksanakan secara virtual pada 7 Agustus 2021 di Minahasa, Sulawesi Utara.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari Manajer Pemasaran PT Rumah Kita Boga, Ibnu Faisal; Carlalisa Mega Manalip selaku pengusaha; BA hijab & digital marketing, Ayu Indah Tri Susilowati; serta jurnalis Metro TV sekaligus pegiat literasi konten sehat digital, Amanda Komaling.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

Ibnu Faisal, membahas kecakapan digital dengan tema “Tips dan Trik Bertransaksi secara Digital dengan Mudah dan Aman”. Dalam sesinya, Ibnu menjelaskan jenis transaksi digital, keuntungan, dan ancamannya seperti malware dan phising. Ia juga memberikan tips agar tetap aman bertransaksi.

Carlalisa Mega Manalip menjelaskan, ada tiga hal yang diatur dalam transaksi digital, yaitu cara order, cara bayar, dan cara komplain. Tips yang bisa dilakukan dalam transaksi digital, yaitu pahami aturannya, segera lakukan pembayaran, jangan lakukan hit and run (konfirmasi beli, tapi tidak bayar), dan beri bukti jika mau komplain.

Ayu memaparkan mengenai legalitas serta cara membayar tagihan daring. “Zaman sekarang butuh yang praktis dan efisien,” ujarnya. Namun, kata dia, selama pembayaran daring, jangan sembarangan memberikan kode OTP.

“Dunia serba digital menawarkan banyak kemudahan, salah satunya transaksi keuangan. Di sisi lain, terdapat ancaman siber yang mengintai, seperti penipuan daring” jelas Amanda Komaling.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

By isnawati

Gadis kelahiran tahun 1995 lulusan UNPAM, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya karena tertular sang suami yang menjadi penulis di sebuah media lokal

Komentar pembaca