• 15 April 2024 00:45

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 7 Agustus 2021 di Mamuju, Sulawesi Barat.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Kegiatan dengan tema s “Bangkit dari Pandemi dengan Literasi Digital” ini diikuti oleh 691 peserta yang telah mendaftarkan dirinya terlebih dahulu.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Abdul Wahab, memaparkan tema “Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital”. Menurut dia, usaha yang dapat dilakukan di internet dengan modal minim, yakni jasa dropshipping, kursus daring, content writer, jasa pembuatan website, desain grafis, atau bergabung dengan afiliasi.

“Sejumlah keunggulan lokapasar, antara lain potensi konsumen yang besar, tersedia promo menarik, mudah terhubung dengan media sosial, serta pengoperasional yang mudah. Adapun kekurangannya adalah persaingan yang ketat, sehingga potensi margin keuntungan sedikit” ujar Riski Riswandi

“Kiat sukses berbisnis daring, diantaranya memanfaatkan media sosial dan platform komunikasi, buat akun di semua lokapasar, jalin kemitraan daerah untuk mempermudah pengiriman, dan buat website untuk menaikkan branding produk” imbuhnya.

Menurut RA Susanti, kemudahan dan banyaknya tawaran promo di internet membuat hasrat berbelanja warganet sulit terkendali. Arahkan hobi belanja menjadi kegiatan yang menghasilkan, misalnya dropshipping.

“Dunia digital semakin memudahkan masyarakat untuk berinvestasi dengan dana kecil. Adapun pilihan investasi saat ini, antara lain pembelian saham, surat utang, reksadana, komoditas berjangka, mata uang, serta properti” jelas M Naufal.

Webinar literasi digital ini mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

By isnawati

Gadis kelahiran tahun 1995 lulusan UNPAM, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya karena tertular sang suami yang menjadi penulis di sebuah media lokal

Komentar pembaca