Kegiatan Posyandu Kakap 1 Pamulang Timur Dalam Menjaga Kesehatan Balita di Lingkungan

Jakarta – Posyandu terbukti dapat berfungsi secara komprehensif sebagai pendeteksi awal, penanganan, pencegahan, serta konsultansi yang dilakukan oleh kader Posyandu di setiap desa. Artinya, Posyandu merupakan garda terdepan.

Salah satu program yakni kegiatan posyandu yang di digelar di rumah, Mansyur selaku ketua RT 02/026 Pamulang Timur yang kebetulan juga menjadi tempat KKN posko Kakap 1.

Kegiatan posyandu ini diikuti oleh ibu beserta anak-anak dan balita yang berada di lingkungan Pamulang Timur Rw 026. Kecamatan Pamulang. Kegiatan ini tidak diperuntukan untuk balita saja, melainkan semua anggota masyarakat, terutama ibu hamil, ibu menyusul pasangan usia subur.

Posko Posyadu Kakap 1, terdiri dari Ibu Ika, Ibu Yogi, Ibu Marotah, Ibu Mardilah, Ibu Muani, Ibu Sri, Ibu Parti meskipun sudah terdiri dari banyak anggota yang terlibat dalam kegiatan posyandu, peran bidan beserta ibu-ibu PKK juga amat penting dalam berlangsungnya proses kegiatan ini.

Di sini divisi kesehatan dan lingkungan hidup berperan membantu kegiatan posyandu seperti mencatat berat badan balita, menimbang berat badan, memberikan obat untuk anak yang sedang sakit, menyuntik dan lain-lain.

Ada banyak macam ekspresi yang di keluarkan oleh anak-anak dan balita. Ada yang senang karena ditimbang, ada yang menangis karena disuntik, ada yang tertawa karena diberi snack dan lain-lain. Meskipun begitu, anak-anak tetap harus mendapatkan pelayanan posyandu untuk kesehatan jangka panjang.

Salah satu tujuan dilakukan kegiatan tersebut adalah mensosialisasikan agar setiap balita yang ada di Pamulang Timur selalu tumbuh sehat, dan agar masyarat tahu kapan balita nya akan di imunisasi taupun di beri obat.

Komentar pembaca