Kepala Bakamla RI Ikuti Peringatan HUT Ke-74 Bhayangkara Secara Virtual

Advertisements
JakartaKepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. mengikuti Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, selaku inspektur upacara.

Dengan menggunakan tenue PDU I dan berpedang, serta memakai masker sesuai ketentuan protokol kesehatan, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. mengikuti rangkaian upacara tersebut dengan khidmat melalui tv streaming dari Markas Besar Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat.

Upacara yang biasanya diselenggarakan secara langsung atau tatap muka, karena pandemi Covid-19 kini dilakukan secara virtual dan live streaming dari Istana Negara, Jakarta. Pada peringatan HUT Bhayangkara tahun ini, Polri mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”.

Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya mengingatkan bahwa Polri akan menghadapi tantangan yang semakin berat dan semakin kompleks mulai dari kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, kejahatan berimplikasi kontingensi sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara.

“Selain itu juga potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri juga perlu diwaspadai, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada serentak di akhir tahun 2020 di bulan Desember” kata presiden.

Kepala negara meminta Polri untuk terus melakukan langkah persuasif tetapi tegas dalam penegakan hukum. “Khususnya yang terkait penanganan pandemi Covid-19, lakukan dengan persuasif dan humanis tapi tetap waspada, cepat tanggap dan tegas dalam setiap penindakan pelanggaran hukum,” pesan Presiden.

Menurut Presiden pada masa pandemi Covid-19 ini peran Polri sangat dibutuhkan, baik untuk mengatasi masalah kesehatan maupun ekonomi. Selain itu, presiden mengingatkan jajaran Polri juga harus aktif dalam mengawal penyaluran bantuan sosial serta turut menjaga keamanan ketertiban” kata Jokowi.

Usai mengikuti upacara secara virtual, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. bertempat di ruang aula mengumpulkan seluruh personel Bakamla RI dari unsur Polri yang menduduki jabatan eselon I, II, dan III di lingkungan Bakamla RI, untuk berdoa dan melaksanakan pemotongan tumpeng yang bertuliskan “Dirgahayu Ke-74 Bhayangkara”. “Semoga Polri semakin profesional serta sinergitas dengan Bakamla RI semakin solid,” kata Kepala Bakamla RI.

Tumpeng yang telah dipotong oleh Kepala Bakamla RI diserahkan kepada Perwira tertua Polri yang hadir yaitu Kepala Unit Penindakan Hukum Kombes Polisi Iman Wahyudi, S.IK., M.Si., M.H., dan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama.

Komentar pembaca