C3 Anime Festival Asia (C3AFA) Akan Berlangsung Akhir November di Singapura

Advertisements

Jakarta – Konvensi tahunan anime Jepang hadir kembali di Singapura. Acara yang menawarkan pertunjukan budaya pop Jepang ini akan menghadirkan berbagai tren, mode, anime dan manga.

Kegiatan yang selalu dipadati berbagai kalangan itu akan dimeriahkan oleh penampilan para pemain kostum (cosplayer), voice artist (pengisi suara), penyanyi, seniman, grup musik lokal hingga negara-negara sekitar Asia.

C3 Anime Festival Asia (C3AFA) akan berlangsung di Suntec Singapore Convention and Exhibition Center akhir November ini.

Kegiatan apapun yang bernuansa Jepang selalu dipadati oleh setiap masyarakat pecinta anime di kedua negara tersebut. Sebagai orang Rusia yang pernah tinggal di Indonesia, Tatiana merasakan bahwa infiltrasi budaya Jepang di Indonesia bisa dikatakan cukup berhasil.

“Saya amati selama tinggal di Indonesia, penggemar Doraemon, Sinchan, Detective Conan bervariasi dari anak-anak hingga yang sudah punya anak” Ujar Tatiana Gromenko.

Menurut Tania, panggilan akrabnya, Singapura dan Indonesia memiliki kemiripan dalam hal adopsi kultur Jepang. Masing-masing negara tersebut memiliki penggemar fanatik yang menjadikan Jepang sebagai second culture dalam keseharian mereka.

“Adanya C3 Anime Festival Asia yang akan berlangsung tanggal 29 November sampai 1 Desember nanti akan menjadi obat rindu pecinta budaya pop Jepang. Apalagi Singapura cukup dekat diakses dari Indonesia” jelasnya.

Dalam 10 tahun terakhir telah diselenggarakan hampir 30 festival dan menghadirkan 1,7 juta pengunjung. Tahun lalu, festival ini juga diselenggarakan di Jakarta dengan menghadirkan 58 ribu pengunjung dan 173 ekshibitor. Sementara di Singapura menarik 105 ribu pengunjung dan 211 pameran.

Dari data yang saya dapatkan, C3AFA tahun lalu di Jakarta, sebanyak 57 persen pengunjung berusia 17 hingga 21 tahun, sedangkan di Singapura 47 persen berumur 21 hingga 29 tahun” tutupnya.

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE