• 20 April 2024 03:34

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Mengadakan Acara Simposium

JakartaRumah Sakit Awal Bros yang merupakan jaringan rumah sakit swasta nasional adalah grup rumah sakit yang memiliki jumlah akreditasi dari Joint Commission International (JCI) terbanyak di Indonesia.

Rumah Sakit Awal Bros Bekasi mengadakan acara simposium di Convention Hall Haris Hotel Bekasi dengan tema “Penanganan Jantung Koroner Dengan Intervensi dan Tindakan Pembedahan” acara tersebut dihadiri oleh para dokter spesialis penyakit jantung dari berbagai wilayah di jabodetabek dan merupakan rangkaian acara campaign Rumah Sakit Awal Bros tentang Jantung dalam rangka menyabut Hari Jantung Dunia pada tanggal 29 September.

Baca Juga : Rumah Sakit Awal Bros

Dokter Spesialis Penyakit Jantung Rumah Sakit Awal Bros Bekasi dr. Andriga Dirgantomo, SpJP FIHA mengatakan bahwa seiring perkembangan teknologi, penanganan penyakit kardiovaskular mengalami kemajuan di bidang intervensi maupun bedah.

“Penyakit kardiovaskular yang ditangani dengan intervensi bisa menjadi alternatif bagi penderita bilamana tindakan bedah jantung bukanlah satu-satunya pilihan dalam mengatasi penyakit jantungnya” jelas dokter Andriga.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kematian terbesar di dunia saat ini disebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah. Penyakit jantung koroner adalah gangguan jantung yang diakibatkan oleh penyempitan koroner. Penyempitan koroner merupakan penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah yang memberikan aliran darah ke jantung.

“Pilihan pengobatan penyakit jantung koroner selain obat-obatan, prosedural angioplasty dan pemasangan stent (tindakan intervensi), beberapa pasien mungkin memerlukan intervensi invasif seperti pembedahan bypass arteri jantung (CABG). Semua dilihat dari analisa derajat kesakitan pasien tersebut” jelas dokter Andriga.

Tindakan intervensi jantung yang dapat ditangani oleh Rumah Sakit Awal Bros diantaranya adalah:

• Pembalonan
• Pemasangan stent
• Pemasangan pacu jantung
• Pelebaran katup jantung
• Menatalaksana kelainan irama jantung melalui tindakan elektrofisiologi dan ablasi
• Menutup kebocoran sekat jantung
• Kateterisasi Jantung (Coronary Angiography/CAG)

Diperlukan deteksi dini dalam penanganan penyakit jantung koroner dengan teknik cardiovascular imaging (Pencitraan Kardiovaskular dengan MSCT Cardiac dan MRI Cardiac).

“Sebagai Rumah Sakit terpercaya dan terbesar di Indonesia, Rumah Sakit Awal Bros berupaya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang memiliki kesadaran dan kepedulian akan kesehatan. Didukung dengan fasilitas lengkap dan tenaga medis yang berpengalaman, Rumah Sakit Awal Bros melayani mulai dari pencegahan, deteksi dini dan pengobatan” papar Direktur Rumah Sakit Awal Bros Bekasi dr. Prima Yunika.

“Rumah Sakit Awal Bros selalu berinovasi dan berkomitmen untuk berusaha menciptakan mutu pelayanan yang baik. Sebagai Rumah Sakit yang memiliki heart center, Rumah Sakit Awal Bros didukung oleh para dokter spesialis dan tenaga medis yang kompeten dan diharapkan menjadi pusat rujukan penanganan pasien jantung guna menekan angka kematian akibat serangan jantung” tutup dokter Prima.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca