• 19 April 2024 13:33

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Jakarta – Ajang balap World Supersport 300 (WSSP300) memasuki putaran keempat yang akan berlangsung di Sirkuit Donington, Inggris akhir pekan ini, 25-27 Mei 2018.

Bagi Ali Adriansyah Rusmiputro, persiapan menjelang balapan kali ini agak berbeda dari biasanya. Pasalnya pebalap Yamaha MS Racing Team itu melakukan persiapan di tanah air. Selepas turun di Imola pada dua pekan silam, Ali Adriansyah kembali ke Indonesia untuk dapat menyambut bulan Ramadhan bersama keluarga. Tak pelak persiapannya menghadapi Donington ia lakukan di Jakarta.

“Persiapan kali ini agak spesial karena saya lakukan di Jakarta dan pada saat Ramadhan” ucap Ali Adriansyah.

Kendati tidak dilakukan di Sirkuit Almeria, seperti yang selama ini ia lakoni untuk mempersiapkan diri, Ali mengaku tidak terganggu. Bahkan ia menyebut lebih baik karena bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

“Alhamdulillah persiapannya sama saja, malah lebih baik karena bisa spend time sama keluarga” ujar Ali Adrian.

Berlatih di bulan Ramadhan pun tidak menjadi persoalan bagi penyuka bersepeda ini. Menurutnya tidak ada perubahan pola latihan yang berarti jika dibandingkan dengan latihan di luar bulan puasa. “Hanya saja di bulan puasa ini kita latihan tanpa makan dan minum,” selorohnya.

Sirkuit Donington yang akan menjadi tuan rumah WSSP 300 putaran keempat ini merupakan sirkuit yang telah dikenal Ali Adriansyah. Terletak di Leicestershire, sirkuit ini salah satu sirkuit legendaris di dunia balap, baik itu balap mobil maupun motor.  Pada ajang WSSP300 tahun lalu Ali Adriansyah mendapat pengalaman manis di sini. Start dari posisi 13, pebalap di bawah naungan Mahkota Rusmindo International itu sukses finis di posisi 7 sekaligus meraih 9 poin.

Lay out menantang Donington dihiasi oleh 12 tikungan dan kontur yang naik turun.

“Sirkuit yang indah dengan naik turun, stop and go dan fast corner juga, saya suka sirkuit ini” papar Ali Adriansyah.

Oleh karena itu, tak heran jika Ali Adriansyah ingin kembali menorehkan catatan bagus di sirkuit yang telah ada sejak 1930-an ini.

“Saya akan fokus di tiap sesinya dan mencoba meraih yang terbaik” tekadnya.

By Gladis Zahra

Gadis lulusan Unpam, ini lahir tahun 2002 memiliki wawasan yang cukup luas, mulai bergabung ke Lensautama.com sekitar tahun 2019 menjadikan Gadis dapat menyalurkan hobi menulisnya.

Komentar pembaca