• 26 April 2024 00:12

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Shell Campus Week Ajak Generasi Muda Indonesia Ikut Serta Beragam Ide Cemerlang Untuk Menjawab Tantangan Masa Depan

Shell Campus Week Ajak Generasi Muda Indonesia Ikut Serta Beragam Ide Cemerlang Untuk Menjawab Tantangan Masa Depan

Lensautama – Shell Campus Week Ajak Generasi Muda Indonesia Ikut Serta Beragam Ide Cemerlang Untuk Menjawab Tantangan Masa Depan, PT Shell Indonesia mengadakan festival “Shell Campus Week” di Institut Teknologi Bandung (ITB). Festival ini bertujuan meningkatkan kesadaran para pengunjung tentang beragam tantangan dan peluang energi demi perkembangan energi masa depan di Indonesia.

Shell Campus Week dihadiri oleh Darwin Silalahi, President Director & Country Chairman Shell Indonesia; dr. Ahyani Raksanagara, M.Kes., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Bandung, Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan , jajaran rektorat dan dekanat serta civitas akademika ITB lainnya.

“Kami menyambut gembira kerjasama Shell Indonesia dan ITB dalam penyelenggaraan kegiatan ini, yang memberikan kesempatan kepada berbagai individu, akademika, pemerintah dan pelaku bisnis untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan tentang beragam tantangan dan peluang energi masa depan. Kami berharap forum-forum seperti ini bisa diadakan di berbagai perguruan tinggi lain untuk menginspirasi generasi muda Indonesia dalam berpartisipasi dan membantu mewujudkan masa depan.” ujar Darwin Silalahi, President Director & Country Chairman Shell Indonesia.

ITB Kampus

ITB menjadi salah satu kampus yang dipilih Shell sebagai tempat penyelenggaraan kuliah umum dan “Shell Campus Week” karena berbagai kegiatan dan prestasi yang telah diraihnya dalam membantu mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Salah satu kegiatan yang diikuti ITB adalah ajang Shell Eco-marathon (SEM) Asia – sebuah ajang kompetisi bagi mahasiswa untuk mendesain, membangun dan mengendarai kendaraan paling hemat energi di dunia. Pada ajang SEM Asia pertama tahun 2010, Tim Exia dari ITB yang mengusung mobil berbahan baku Etanol berhasil meraih Juara I penghargaan “People Choice Award” dengan raihan lebih dari 65.000 suara.

Pionir Mahasiswa Asal Indonesia

Tim mahasiswa ITB juga merupakan pionir tim mahasiswa asal Indonesia yang mengaplikasikan baterai elektrik sebagai sumber energi alternatif pada Shell Eco-marathon Asia 2012. Hasilnya, Tim Cikal Cakrawala, ITB berhasil meraih Juara 2 – “UrbanConcept Battery Electric Award” pada Shell Eco-marathon Asia 2012. Saat itu, mobil baterai litium yang dibangun oleh Tim Cikal Cakrawala, ITB berhasil menempuh jarak 74,9 km per kWh. Keberanian tim mencoba energi alternatif ini diikuti oleh tim Rakata dan tim Cikal Etanol dari ITB yang menggunakan bahan bakar etanol pada Shell Eco-marathon selama beberapa tahun berikutnya.

Saat ini, SEM Asia dan SEM Drivers’ World Championship Asia menjadi bagian penting dari Shell’s Make The Future Festivals of ideas and innovation, sebuah inisiatif global yang dituangkan melalui berbagai acara di Asia, Amerika dan Eropa. Tahun depan, Tim ITB akan kembali berpartisipasi di ajang SEM Asia 2018, yang merupakan bagian dari festival Make the Future. (len/ydi)

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca