• 17 April 2024 00:19

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Grand Launching Harley Owner Group Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia

ByYudi Atmaja

Sep 24, 2017
Lensautama – Pertumbuhan dunia motor dl Indonesia semakin pesat, terlihat dari jumlah sepeda motor baik kubikasi kecil maupun besar yang beredar di negara ini, serta jumlah komunitas yang kian menjamur. Di Jakarta sendiri setidaknya ada lebih dari 100 komunitas atau grup motor besar.
Komunitas atau klub moge atau motor besar sesungguhnya telah lama berkembang di indonesia. Salah satunya adalah Harley Owners Group Jakarta Chapter, yang berdiri sejak tahun 1998, dengan sepuluh orang sebagai pendirinya. Harley Owners Group Jakarta Chapter atau H.0.G JC resmi dipimpin oleh Direktur pertamanya, Tito Sulistio, pada tahun yang sama.
Hingga kini, telah sembilan orang biker pernah memimpin grup yang namanya tercatat di H.0.G internasional ini. Grup ini pun berkembang semakin besar. Dari yang awalnya dimulai dari 10 orang pendiri, kini anggota H.0.G JC telah mencapai lebih dari 4.000 orang.
Tak banyak masyarakat yang tahu bahwa H.0.G bukanlah sembarang grup. ”Yang dinamakan Harley Owners Group adalah klub yang hanya bisa berdiri di bawah Dealer resmi Harley-Davidson,” kata Suherli, Director H.0.G Jakarta Chapter. H.0.G tidak bisa serta merta didirikan. H.0.G sendiri adalah milik Harley Davidson Motor Company atau HDMC. “Hanya melalui Dealer Iah, H.0.G dari setiap negara berkomunikasi dengan HDMC, serta anggotanya otomatis tercatat sebagai member H.0.G internasional,” jelasnya lagi.
H.0.G JC awalnya berdiri di bawah Dealer Harley-Davidson sebelumnya, yaitu Mabua Harley-Davidson. Namun ketika Mabua Harley-Davidson tutup pada sekitar tahun 2015, otomatis H.0.G tidak lagi memiliki naungan. ”Saat itu, mengikuti peraturan yang berlaku dari Harley-Davidson Motor Company, H.0.G Jakarta Chapter harus segera memutuskan untuk mencari Dealer partner yang baru karena HDMC memutuskan untuk tidak memperpanjang registrasi HOG JC di HDMC,” tutur Sahat Manalu, Director H.0.G Jakarta Chapter selama dua periode yaiu sejak tahun 2013 hingga 2017. Otomatis sejak tutupnya Mabua Harley-Davidson, HOG JC tak lagi dapat berhubungan dengan HDMC. Pasalnya, komunikasi hanya dapat dilakukan via Dealer resmi.
Ketika itulah, Sahat Manalu dan Suherli, yang saat itu masih menjabat sebagai Director dan Assistant Director H.0.G JC berupaya agar komunitas berlambang burung Elang ini serta anggotanya tetap terdaftar di H.0.G internasional dan tetap exist di Indonesia. “Saat itu H.0.G JC sudah berdiri selama lebih dari 15 tahun, dan anggotanya sudah biasa bernaung melakukan hobi motor bersama di bawah H.0.G JC. Ribuan orang anggota telah berkegiatan bersama di dalamnya. Sudah tak terbilang jumlah kota, bahkan negara, yang kami jelajahi bersama. Kami sudah ’tumbuh’ bersama dalam klub in’i, satu sama lain sudah bagaikan saudara. Kami tidak bisa melihat HOG JC hilang,” tegas Suherli. “Satu-satunya cara adalah harus ada Dealer resmi Harley-Davidson Iagi di Tanah Air. Segera.”
Untuk itu, setelah melalui berbaga’i pertimbangan termasuk restu dari keluarga besar H.0.G JC dan keluarga masing-masing, kedua biker senior inipun mengajukan permintaan untuk menjadi Dealer motor legendaris ini. Harapan ini pun bersambut. Pada akhir 2016, berdirilah Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Dealer resmi Harley-Davidson. Dealer ini membuka showroom Harley-Davidson Indonesia terbesar dan terlengkap di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Upaya Suherli dan Sahat, yang didukung oleh para biker H.0.G, berhasil.
Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh HDMC, H.0.G dapat terus mengacu pada H.0.G Internasional. Namun dikarenakan terdapat empat Dealer resmi Harley-Davidson di Indonesia, dengan dua di antaranya berada di Jakarta, maka nama H.0.G Jakarta Chapter tak dapat lagi digunakan.
Setelah sempat digaungkan pada bulan Juni 2017, secara resmi pada hari Minggu, 24 September 2017, bertempat di Jenja, Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, dilakukan peluncuran nama Harley Owners Group Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia.
”Kami semua sangat mencintai grup yang telah menemani kami bermotor, khususnya motor Harley-Davidson. Sudah ribuan biker merasakan kehadiran H.0.G Jakarta Chapter Indonesia,” kata Herry Bachtiar, Assistant Director H.0.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia. ”Kami menyambut baik hal ini.”
“Kami terharu dan bangga dengan kehadiran pada Founder dan biker senior dalam acara ini,” tutur Suherli di sela-sela acara Grand Launching H.0.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia. Saat itu, tampak hadir para Founder dan sosok panutan H.0.G Jakarta Chapter, seperti CorneIio Vega, Eddy Kuntadi, Yukio Sujatim Martokoesumo, Herman Herry, Huda Subarkah serta Prima Baskoro.
Acara ”Grand Launching H.0.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia” berjalan khidmat, dengan para Pembina dan Founder terlibat dalam prosesi peluncuran nama baru H.0.G Jakarta Chapter ini. Secara resmi kini H.0.G Anak Elang Jakarta Chapter bernaung di bawah Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta.
H.0.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia akan terus melakukan kegiatan rutin seperti touring, safety riding dan bakti sosial. Salah satu kegiatan utama yang akan dilakukan oleh H.0.G Anak Elang Jakarta Chapter adalah acara tahunan H.0.G National Rally, yang taahurl ini diadakan untuk ke-10 kalinya. The 10th H.0.G National Rally 2017 akan diadakan dengan touring Jakarta Bali, pada bulan November mendatang.  (len/ydi)

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca