• 20 April 2024 13:41

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

IIMS 2017 Akan Menyuguhkan Banyak Kegembiraan

ByGladis Zahra

Feb 21, 2017

Jakarta, LensaUtama.com – Tema besar IIMS 2017, The Essence of Motor Show diberikan sentuhan ‘Carnival’ yang menawarkan kegembiraan sepanjang 11 hari penyelenggaraan pameran. Membawa suasana pameran otomotif yang berbeda, nuansa gemerlap dan modern berkolaborasi menyuguhkan pameran yang tak mudah dilupakan.

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 akan kembali dilaksanakan mulai 27 April hingga 7 Mei 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS sejak tahun 2000 telah memastikan, perhelatan tahun 2017 ini tetap akan menggunakan tema besar The Essence of Motor Show, namun kali ini, dengan sentuhan ‘Carnival’ yang menjanjikan hadirnya kemeriahan, kegembiraan dan semangat yang berbeda bagi para peserta dan pengunjung yang hadir ke JIExpo.

Selama 11 hari, IIMS 2017 akan diselenggarakan di atas lahan seluas 105.000 m2 yang meliputi nyaris seluruh area JIExpo, dari Hall A, Hall B, Hall C, Hall D, Hall C3, dan outdoor area. Bahkan Hall B3 masih memiliki kemungkinan digunakan untuk menampung antusiasme peserta yang ingin mengikuti IIMS 2017 ini.

Tema The Essence of Motor Show telah digunakan sejak IIMS 2015 dua tahun lalu. Tema ini muncul dari keberanian akan perubahan, melahirkan dimensi baru terhadap konsep penyelenggaraan pameran otomotif di Indonesia. Tak sekadar pameran otomotif yang menampilkan produk-produk kendaraan terbaru, namun juga menampilkan berbagai acara yang menyuguhkan esensi dari nilai-nilai budaya otomotif itu sendiri. Hasilnya berbagai acara menarik yang ditampilkan di IIMS mampu menyedot perhatian para pecinta otomotif Tanah Air.

IIMS 2015 mampu menyedot 359.374 pengunjung dengan total transaksi mencapai Rp 1,636 Triliun. Angka transaksi ini antara lain diperoleh berkat penjualan 4.894 unit kendaraan sepanjang pameran. Di tahun selanjutnya, Dyandra Promosindo mempertahankan tema yang sama pada IIMS 2016 untuk membuktikan komitmen sebagai penyelenggara pameran otomotif yang unik dan membedakannya dengan pameran otomotif lainnya.

Hasilnya, kemeriahan IIMS 2016 sanggup menarik 454.178 pengunjung dan mencatatkan transaksi hingga Rp 3,064 Trilyun, yang termasuk penjualan 11.275 unit kendaraan bermotor sepanjang pameran berlangsung. “Pencapaian dalam dua tahun terakhir penyelenggaraan IIMS sebagai The Essence of Motor Show membuktikan, pameran otomotif tak cuma ajang pamer produk mobil dan motor baru, namun juga termasuk berbagai unsur pendukung yang memiliki esensi utama budaya otomotif,” ujar Hendra Noor Saleh selaku direktur PT Dyandra Promosindo.

Kemeriahan Pesta Otomotif ala Carnival
Dyandra Promosindo sengaja memilih tema pendukung ‘Carnival’ untuk menghasilkan suasana pameran otomotif yang menggembirakan, meriah dan memberikan kesan mendalam bagi pengunjung IIMS 2017. “Kami ingin menjadikan mereka yang berkunjung ke IIMS 2017 merasakan kegembiraan seperti saat mereka datang ke tempat-tempat themepark seperti Disneyland atau sejenisnya, namun tentu saja kental dalam nuansa otomotif,” ujar Hendra.

Untuk menyuguhkan kegembiraan tersebut, Dyandra Promosindo telah merencanakan beberapa program menarik ala karnaval yang dapat menarik pengunjung. Sebuah koridor dengan tema ‘Old Town’ akan dibangun di area pusat outdoor yang berlokasi tepat setelah pintu masuk utama IIMS 2017. Koridor besar ini akan menjadi pusat kemeriahan ‘Carnival’ yang memungkinkan parade mobil dilakukan di sana. “Nuansa gemerlap dipadukan dengan parade dan berbagai program-program menarik diharapkan dapat membuat para pengunjung terdorong untuk mengabadikan kunjungannya, yang kemudian menyebarkan kegembiraan tersebut dan menghasilkan efek viral yang positif,” ujar Hendra optimis.

Masih menurut Hendra, konsep ‘Carnival’ yang akan ditampilkan di IIMS 2017 terinspirasi dari berbagai gelaran-gelaran otomotif internasional yang menghadirkan nuansa seperti yang terdapat di Las Vegas, AS dan Paris, Prancis. “Kami terinspirasi dengan penyelenggaraan pameran otomotif di Las Vegas, Detroit Melbourne, Tokyo, Los Angeles dan Bangkok yang pernah kami kunjungi dan pelajari untuk memastikan konsep Carnival kami berada pada level berbeda dari sekadar sebuah Pasar Malam,” tegasnya.

Kemeriahan karnaval ala IIMS 2017 ini juga akan dipadukan dengan keseruan kompetisi yang dihadirkan melalui kompetisi gymkhana dan kejurnas drifting bertajuk Pertamax Motorsport IIMS Super Drift. Selain itu masih ada NgumBar (Ngumpul Bareng) Retro Klasik, Extreme Modification Show, AutoBild Test Drive, Motorplus Test Ride, dan untuk pertama kalinya akan diselenggarakan kontes audio dari empat asosiasi berbeda yaitu IASCA, CAN, EMMA dan MECA.

Target 450.000 pengunjung dan Rp 3,1 Triliun
Dengan tawaran kemeriahan yang akan berlangsung di ajang IIMS 2017, Dyandra Promosindo optimis untuk dapat meraih target pengunjung selama 11 hari pelaksanaannya sebanyak 450.000 orang.

Penambahan total luas area pameran juga menjadi salah satu alasan Dyandra Promosindo semakin percaya diri untuk meraih nilai transaksi yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Kali ini, IIMS 2017 ditargetkan mampu meraih total angka transaksi hingga Rp 3,1 Triliun. Pelaksanaan pameran yang dilakukan di Semester 1 2017 dan sebulan sebelum puasa ini menjadi salah satu waktu yang potensial bagi industri otomotif Tanah Air untuk mendongkrak penjualan awal tahun.

Untuk memudahkan transaksi selama IIMS 2017, BCA sebagai sponsor utama telah merancang sejumlah program pembiayaan antara lain Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA dengan bunga khusus sebesar 3,60%. Dan untuk mempermudah para calon peserta dalam membeli lahan pameran, IIMS 2017 didukung oleh salah satu website E-commerce terkemuka di Indonesia yaitu Blibli.com. Melalui Blibli.com, peserta IIMS 2017 bahkan bisa mendapatkan fasilitas cicilan dengan bunga 0% dan tenor hingga 24 bulan.

Untuk kemudahan dan kepraktisan bagi pengunjung, penjualan tiket masuk IIMS 2017 juga dapat dilakukan melalui Blibli.com. IIMS 2017 berlangsung 27 April – 7 Mei 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara dengan tiket masuk Rp 40.000,- (weekdays) dan Rp 60.000,- (weekend).

By Gladis Zahra

Gadis lulusan Unpam, ini lahir tahun 2002 memiliki wawasan yang cukup luas, mulai bergabung ke Lensautama.com sekitar tahun 2019 menjadikan Gadis dapat menyalurkan hobi menulisnya.

Komentar pembaca