• 28 Mei 2024 04:51

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Ikatan Bidan Indonesia Membuka Posko Mudik Peduli Terhadap Kesehatan Ibu dan Anak Saat Mudik

Ikatan Bidan Indonesia

Jakarta – Pada momen mudik Lebaran 1445H ini Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik ‘Posko OPOR Bu Bidan’ di beberapa lokasi titik mudik. Posko OPOR Bu Bidan merupakan kependekan dari Organisasi Profesi Pro PeRempuan.

Kegiatan sosial ini merupakan rangkaian kegiatan sosial bidang kesehatan Ibu dan Anak dalam rangka memperingati HUT IBI ke-73 dan Hari Bidan Internasional (IDM) Tahun 2024.

Ikatan Bidan Indonesia telah berperan aktif dalam berbagai upaya guna meningkatkan kualitas kesehatan perempuan, bayi dan balita di Indonesia kapanpun dan dimanapun, tidak terkecuali pada momen mudik lebaran. Posko OPOR Bu Bidan secara resmi dibuka bertepatan dengan pelepasan rombongan mudik bersama di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur pada Sabtu, 6 April 2024.

Ketua Umum IBI, Ibu Dr. Ade Jubaedah, MM.,MKM menyatakan, salah satu tujuan Posko OPOR Bu Bidan ini ialah untuk mendekatkan layanan kebidanan kepada masyarakat khususnya akses bagi perempuan, ibu hamil, ibu menyusui serta anak balita dalam memperoleh layanan kesehatan selama perjalanan mudik, sebab mereka merupakan kelompok rentan yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

Layanan yang disediakan secara gratis tersebut menyediakan berbagai keperluan perempuan, ibu hamil serta anak balita selama melakukan perjalan mudik seperti air minum dengan kemasan yang bebas BPA dan higienis, makan/minuman tambahan bagi ibu hamil dan anak, vitamin, supplement, alat kontrasepsi pil dan kondom, diapers, bayi, serta pembalut wanita.

Para bidan profesional juga memberikan edukasi perihal kesehatan ibu dan anak. Salah satu materi pelayanan yang diberikan ialah upaya mendukung program pemenuhan asupan air minum dengan kualitas mineral yang baik pada ibu hamil dan menyusui.

Asupan mineral yang cukup dan berkualitas akan menjadi modal utama kesehatan bagi ibu hamil. Sebab, jika kekurangan mineral akan mempengaruhi kualitas kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

“Selain dari makanan, tentunya mineral dapat juga dibantu kecukupannya dengan memilih air mineral dengan mineral yang berkualitas” Ujarnya

“Mineral untuk ibu hamil, bayi dan anak- anak juga sangat penting untuk memastikan setiap kemasan, termasuk galon air minum bebas dari berbagai kandungan/zat-zat berbahaya seperti BPA. Karna kita tahu saat ini hampir seluruh masyarakat sudah menggunakan air minum dalam kemasan dan galon untuk minum sehari-hari” kata Ade

Kemasan galon air mineral pilihannya yaitu yang bebas BPA. BPA merupakan salah satu zat kimia yang terkandung dalam pembuatan plastik polikarbonat yang tentunya dapat membahayakan tubuh jika tercemar pada air mineral.

“Kami sangat menyayangkan sebenarnya. Namun hal yang lebih penting ialah bagaimana masyarakat bisa lebih cerdas dan hati-hati dalam memilih air minum dalam kemasan, memastikan bahwa kemasan air minum tersebut bebas dari kandungan BPA. Oleh karenanya, kami merasa sangat perlu untuk dilakukan edukasi secara masif khususnya bagi ibu hamil” jelas Ade.

Melihat pentingnya pemilihan air mineral yang aman dan berkualitas, sesuai tema rangkaian kegiatan IBI dalam rangka HUT IBI ke 73 dan Hari Bidan Internasional 2024 yaitu bagaimana peran aktif IBI dalam mendukung penguatan sistem ketahanan nasional dalam situasi krisis iklim melalui sinergi dan kolaborasi, maka edukasi terkait konsumsi air mineral bagi Ibu hamil

Bagi masyarakat yang melaksanakan mudik dapat mengetahui langsung infomasi serta layanan lainnya dengan mengunjungi di Posko OPOR Bu Bidan yang tersebar di berbagai titik, diantaranya:
  1. Terminal Pulogebang Jakarta Timur;
  2. Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng;
  3. Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat;
  4. Pelabuhan Merak Banten; serta

Beberapa titik mudik lainnya di berbagai daerah di Indonesia yang diselenggarakan oleh perwakilan pengurus IBI di daerah 9 pengurus daerah IBI.

Adapun layanan yang disediakan dalam posko OPOR bu Bidan ini antara lain :

  1. Layanan Pemeriksaan Tekanan Darah Perempuan;
  2. Layanan Pemeriksaan Suhu Tubuh Perempuan, Bayi, dan Balita;
  3. Layanan Pemeriksaan umum ibu hamil;
  4. Edukasi seputar kehamilan;
  5. Edukasi seputar KB;
  6. Edukasi seputar hygiene menstruasi;
  7. Edukasi seputar kebutuhan cairan pada masa hamil dan menyusui.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca