• 21 Juli 2024 07:42

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Mobil GENBETA dipajang pada balapan Hankook London E-Prix 2023

Mobil GENBETA

Jakarta – SABIC, sebuah perusahaan kimia terdiversifikasi terkemuka dunia, secara resmi mengumumkan penggunaan material milik perusahaan dalam mobil GENBETA yang dinobatkan sebagai kendaraan bermotor dalam ruangan tecepat di dunia oleh GUINNESS WORLD RECORDSTM. Mobil GENBETA ini dipajang di Hankook London E-Prix 2023.

Mobil GENBETA berhasil memecahkan rekor dunia bersama pembalap mobil ABB FIA Formula E World Championship Jake Hughes (Tim NEOM McLaren Formula E) dan Lucas di Grassi (Mahindra Racing), di mana kecepatan mobil ini ditunjukkan dalam format Duals untuk kualifikasi balapan Formula E.

Jake Hughes mencapai kecepatan tertinggi pada 218,71 km/jam, mencapai rekor dunia baru. Kendaraan yang digunakan merupakan bagian dari proyek pengembangan dan inovasi GENBETA yang ditujukan untuk mengeksplorasi material dan teknologi baru untuk mobil balap dan jalanan masa depan.

Memanfaatkan keahlian pengembangan aplikasi dan ilmu pengetahuan material mereka, SABIC mendukung pengembangan desain dan inovasi dari beberapa bagian dari mobil GENBETA. Dibuat berdasarkan mobil GEN3, SABIC membantu pengembangan mobil listrik tercepat, teringan, terkuat, dan paling efisien yang mendukung ambisi perusahaan untuk mengakselerasi elektrifikasi dan netralitas karbon dunia.

Peran SABIC dalam program GENBETA dan integrasi mobil merupakan bagian dari kemitraan inovasi kolaboratif dengan FIA World Championship all-electric pertama di dunia.

Material SABIC yang diintegrasikan dalam pembuatan mobil GENBETA merupakan termoplastik yang dikembangkan secara khusus untuk memberi kebebasan dalam mendesain melalui kemampuan inheren dalam proses pencetakan dibandingkan material lainnya. Termoplastik tersebut dapat meningkatkan aerodinamika kendaraan sehingga berkontribusi dalam peningkatan performa akeselerasi dan kecepatan.

Melalui kolaborasi SABIC dengan Formula E dan mitra lainnya, SABIC menggunakan portofolio termoplastik yang masih terus dikembangkan dalam platform solusi terdedikasi untuk elektrifikasi (BLUEHEROTM) dan ekonomi sirkular (TRUCIRCLETM).

Pertama kali diumumkan sebagai Principal dan Innovation Partner seri balap mobil listrik ini pada tahun 2022, SABIC berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan Formula E dalam mengembangkan solusi termutakhir yang dapat mendorong inovasi dalam teknologi kendaraan listrik dan memajukan praktik berkelanjutan dalam ekosistem dan operasi lebih luas dari cabang olahraga ini.

Sebagai bagian dari partisipasinya dalam London E-Prix, SABIC berpartisipasi dalam konferensi tingkat tinggi inovasi berkelanjutan Formula E yang bertajuk “Change. Accelerated. Live.” di mana pada diskusi panel ‘The Power of Prototypes’, mereka mendiskusikan dampak positif dari proyek pengembangan seperti GENBETA untuk industri kendaraan listrik dan dunia.

By Yanto

Komentar pembaca