• 29 Maret 2024 16:36
Formula E

Jakarta – Kini, Bosch dan elektromobilitas menjadi kesatuan yang tak terpisahkan, layaknya motorsport yang erat kaitannya dengan keseruan. Kelekatan ini semakin kuat dengan kemitraan yang terjalin dengan ABB FIA Formula E World Championship — seri balap pertama di dunia yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

Tujuan utama Bosch mengambil peran sebagai mitra global resmi dari ajang ini adalah untuk menunjukkan bahwa elektromobilitas dapat membantu mobilitas di area perkotaan – bukan hanya memperhatikan aspek keberlanjutan, tetapi elektromobilitas juga menarik dan menyenangkan.

Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan target pengurangan emisi CO2, tuntutan terhadap mobilitas juga berubah – utamanya di perkotaan. Oleh karena itu aspek perlindungan lingkungan dan emisi menjadi sangat penting di daerah perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi.

Hal ini mendorong pengembangan beragam konsep kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil penumpang tanpa pengemudi yang akan mengangkut barang dan orang dengan mudah, cepat, terjangkau dengan tetap memerhatikan keberlanjutan.

Terkait sistem penggerak listrik (electric drive), terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan – diantaranya ialah dengan menyeimbangkan antara performa kendaraan, memperhatikan jarak tempuh yang baik, sembari tetap mengoptimalkan berat dan ruang instalasi. Solusi penggerak listrik all-in-one dari Bosch menjawab semua tantangan tersebut dengan sempurna.

Motor listrik, daya elektronik, dan transmisi digabungkan dalam satu unit terpadu yang langsung menggerakkan sumbu kendaraan yang menjadikan sistem penggerak listrik menjadi lebih sederhana. Dengan demikian, sistem powertrain juga menjadi lebih murah, solid, dan efisien.

Kapasitas dan kondisi baterai merupakan faktor penting yang memengaruhi antara ketepatan penggunaan sehari-hari dan biaya operasional keseluruhan dari kendaraan atau armada. Bosch telah mengembangkan Battery in the Cloud (BiTC) – solusi koneksi cerdas untuk manajemen baterai yang lebih baik.

Dengan serangkaian layanan yang tersedia sebagai modul, battery in the cloud tidak hanya meningkatkan performa dan masa pakai baterai, tetapi juga mengurangi risiko kerusakan secara tiba-tiba, dan berperan dalam meningkatkan transparansi informasi terkait kondisi baterai.

Solusi untuk semua kelas performa dari 0,4 hingga 3 kW: Bosch menciptakan teknologi yang membuat pengalaman berkendara menjadi aman dan efisien dengan menghadirkan sistem penggerak, unit kontrol penggerak, dan berbagai fungsi lainnya.

Dikemas dalam sebuah sistem penggerak yang dapat secara optimal mengkoordinasikan interaksi antara seluruh komponen untuk memastikan manajemen motor yang presisi, performa kendaraan yang andal, dan perkembangan torsi yang mengesankan.

Komponen-komponen ini dapat dengan mudah diintegrasikan dalam konfigurasi kendaraan yang berbeda dan menawarkan solusi penggerak listrik yang menarik dari segi biaya. Adapun fungsi lainnya seperti smooth riding, cruise control atau throttle ride tentunya membuat berkendara lebih menyenangkan.

Sekitar 90 persen kecelakaan dapat dikaitkan dengan kesalahan manusia – seperti misalnya, ketika risiko kecelakaan tidak terdeteksi atau situasi tidak diperhatikan dengan benar, atau saat pengemudi terlalu lambat dan salah dalam bereaksi.

iBooster mampu meningkatkan tekanan pengereman hingga tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan sistem ESP® biasa, dan diatur dengan ketepatan yang lebih tinggi melalui sistem kontrol elektronik. Hal ini memungkinkan jarak pengereman yang pendek untuk pengereman darurat otomatis.

Dikombinasikan dengan ESP dari Bosch, iBooster menyediakan sistem pengereman ganda yang diperlukan oleh kendaraan otomatis untuk alasan keamanan. iBooster dapat digunakan dengan semua konfigurasi penggerak dan sangat cocok untuk kendaraan hibrida dan listrik.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca