• 16 Juli 2024 23:10

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Tim Mitsubishi

Jakarta – Mitsubishi Motors Corporation (selanjutnya, Mitsubishi Motors) mengumumkan bahwa Tim Mitsubishi RALLIART, tim yang di didukung secara teknis oleh Mitsubishi Motors, dan berkompetisi pada Asia Cross Country Rally (AXCR), yang diselenggarakan mulai dari Thailand hingga Laos pada bulan Agustus tahun ini, menggunakan mobil reli berbasis model Mitsubishi all-new Triton1 yang diluncurkan hari ini di Bangkok, Thailand.

Model Mitsubishi all-new Triton telah didesain ulang sepenuhnya dan berevolusi secara signifikan pada semua aspek. Mobil reli Triton, yang telah dimodifikasi sesuai dengan regulasi kendaraan AXCR, menawarkan performa yang lebih baik daripada mobil reli yang digunakan pada tahun sebelumnya.

Dengan meningkatkan daya tahan dan keandalannya – dimana kendaraan tersebut telah memiliki reputasi yang kuat – serta pengendalian yang sporty dan stabil, performa berkendara yang bertenaga dan responsif di rentang kecepatan penuh, dan kemampuan untuk menghadapi kondisi jalan yang berat seperti jalan berlumpur.

Pada ajang AXCR 2023, Tim Mitsubishi RALLIART akan berpartisipasi dengan tiga mobil yang akan dikemudikan oleh Chayapon Yotha (Thailand), pembalap yang merupakan juara AXCR tahun lalu; Rifat Sungkar (Indonesia), yang menempati posisi ke-5 secara keseluruhan tahun lalu; dan Katsuhiko Taguchi (Jepang), yang memenangkan Kejuaraan Reli Asia-Pasifik pada tahun 1999 dan 2010.

“Kami sangat bersemangat untuk dapat bersaing dengan model Mitsubishi all-new Triton, yang telah sepenuhnya didesain ulang dan berevolusi secara signifikan dalam semua aspek. Mobil reli Triton telah menjalani pengujian ketahanan lebih dari 2.000 km di Jepang dan Thailand tanpa masalah besar” Ujar Hiroshi Masuoka, direktur tim Mitsubishi RALLIART

“Kami akan berkendara dengan tiga mobil reli, yang masing-masing bersaing untuk kemenangan keseluruhan, dan kami ingin memenangkan posisi kejuaraan naik ke podium untuk kemenangan berturut-turut” ungkapnya

Mobil reli Triton yang telah dimodifikasi dengan roll cage dan bumper guard, serta part carbon fiber termasuk kap mesin, pintu depan dan belakang, serta tempat tidur kargo. Dengan pengurangan bobot yang besar pada komponen interior kendaraan, bobot bodi mobil reli Triton yang baru setara dengan mobil reli sebelumnya sementara ukuran bodinya lebih besar dari model sebelumnya.

Mobil reli memiliki suspensi depan dan belakang khusus reli dan LSD untuk performa handling yang sporty dan stabil yang membuat pengemudi dapat memegang kendali secara penuh. Dengan menggunakan roda aluminium yang ringan dan ban off-road yang sempit dibandingkan dengan mobil reli tahun lalu telah meningkatkan pengendalian jalan di permukaan jalan yang keras seperti lumpur.

Mesin turbo diesel 2.4 L yang baru dikembangkan telah disetel untuk mengurangi hilangnya friksi dan bobot, dan pengisi daya turbo baru telah digunakan untuk meningkatkan output di seluruh rentang. Tahapan khusus AXCR termasuk penyeberangan sungai, sehingga penyegelan pada tiap komponen telah ditingkatkan dan mobil reli telah dilengkapi dengan snorkel, atau saluran masuk, untuk menangani pengendaraan di air.

Komentar pembaca