• 19 April 2024 23:52

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Gerakan Menuju Smart City 2022, Berhasil Membimbing 50 kota/kabupaten

kota cerdas

Jakarta – Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) periode 2022 telah berhasil membimbing 50 kota/kabupaten dalam menyusun rencana induk pembangunan kota cerdas.

Di dalam rencana induk tersebut, tersusun inovasi yang menjawab tantangan sekaligus memaksimalkan potensi dari masing-masing kota/kabupaten.

Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) sendiri adalah gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan didukung kementerian terkait.

Terinspirasi dari Presidensi G20 Indonesia, tema besar dari Gerakan Menuju Smart City 2022 ini adalah mewujudkan kota cerdas yang adaptif, kolaboratif, dan berkelanjutan.

“Smart city merupakan sebuah inisiatif yang bertumpu pada inovasi dan kolaborasi, dengan tujuan utama meningkatkan taraf hidup seluruh masyarakat” Ujar Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

“Pemerintah daerah peserta Gerakan Menuju Smart City harus memiliki komitmen untuk menjalankan inovasi yang tertera di rencana induk yang telah disusun, gerakan Menuju Smart City tidak hanya memberikan bimbingan, namun juga evaluasi implementasi dengan mengukur dampak langsung kepada masyarakat” ungkap Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Untuk memberikan apresiasi terhadap pemerintah kota/kabupaten peserta Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022 ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar acara seminar dan pameran Gerakan Menuju Smart City 2022.

Penghargaan juga diberikan kepada kota/kabupaten peserta Gerakan Menuju Smart City periode sebelumnya yang berhasil inisiatif kota cerdasnya berhasil memberikan manfaat optimal bagi warganya.

Penghargaan tersebut diberikan kepada:

  • Kota Bandung atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Governance.

  • Kota Surakarta atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Branding.

  • Kota Semarang atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Economy.

  • Kota Yogyakarta atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Society.

  • Kabupaten Demak atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Living.

  • Kota Madiun atas implementasi program smart city terbaik kategori Smart Environment.

  • Kabupaten Wonogiri atas implementasi program smart city terbaik kategori Kawasan Pariwisata Prioritas Nasiona.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca