• 19 April 2024 16:27

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

eSIM Jadi Solusi Praktis dan Aman untuk Akses Internet di Luar Negeri

produk eSIM

Jakarta – Saat acara Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2022 yang berlangsung dari 28 – 30 Oktober 2022 lalu di ICE BSD. Para traveler berburu diskon tiket pesawat, paket tour wisata dan penawaran menarik lainnya untuk bepergian ke luar negeri. Salah satu yang menarik adalah kehadiran produk eSIM yang diperkenalkan di pameran GATF 2022.

eSIM atau embedded SIM menjadi salah satu solusi praktis bagi para traveler untuk mengakses internet di luar negeri. Dahulu para traveler harus antre membeli SIM Card lokal di negara tujuan.

Belum lagi, banyak yang terkendala bahasa dengan Customer Service provider negara tujuan. Selain itu, jika membeli paket data roaming internetnya terbatas. Dari semua kendala terkait internet ke luar negeri, lahirlah produk baru yaitu eSIM Traveling Pertama di Indonesia.

Andintya Maris selaku CEO JavaMiF mengatakan, Ia menyatakan bahwa kini banyak orang yang pergi ke luar negeri berbondong-bondong menggunakan eSIM, terbukti sejak diluncurkannya eSIM Traveling pada 14 September 2022 lalu, sudah ada ribuan pengguna iPhone memakai eSIM Traveling by JavaMiFi.

“eSIM Traveling by JavaMiFi adalah solusi baru untuk para traveler mengakses internet di luar negeri. Karena pemakaian teknologi eSIM ini sangat mudah, pengguna hanya tinggal scan QR Code, sudah bisa langsung connect. Tanpa antre, tanpa registrasi” ujar Andintya

Berbeda dengan kartu SIM fisik yang harus dibongkar-pasang, penggunaan eSIM juga jauh lebih aman karena tidak bisa dikeluarkan dari perangkat dengan mudah jika pengguna mengalami musibah kehilangan atau kecurian saat di luar negeri. Karena dengan eSIM, pengguna bisa melacak di mana lokasi ponsel mereka berada.

Ditambah lagi, Apple telah resmi menghilangkan slot kartu SIM fisik pada seri terbarunya iPhone 14 series di Amerika Serikat sehingga sepenuhnya akan menggunakan eSIM.

Meskipun hanya di Amerika Serikat, tidak menutup kemungkinan bahwa di masa mendatang nanti penggunaan eSIM only akan diterapkan oleh semua brand smartphone di seluruh negara di dunia. Berhubung produk Apple selalu jadi trend-setter bagi semua teknologi smartphone.

Meskipun saat ini belum semua jenis dan brand smartphone bisa menggunakan eSIM, tapi diharapkan untuk kedepannya eSIM Traveling ini juga bisa digunakan untuk semua smartphone di masa depan dan kehadiran eSIM Traveling yang menjadi solusi internet luar negeri yang modern dan praktis, tanpa antre, tanpa registrasi.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca