• 21 Mei 2024 01:26

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

New Mitsubishi Xpander Cross

Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKSI) memboyong New Mitsubishi Xpander Cross dengan berbagai fitur baru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 beberapa waktu lalu.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah melengkapi mobil penumpang mereka dengan fitur Eco Indicator yang dinamakan Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter.

Fitur ini sangat berguna untuk memandu pengemudi mendapatkan gaya berkendara yang lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan.

Mitsubishi telah meluncurkan New Xpander Cross dengan banyak pembaruan dan peningkatan. Mulai dari tampilan sampai sisi teknis, Xpander Cross berbenah agar bisa semakin kompetitif di antara perlawanan.

Eco Drive Meter dam Eco Drive Assist ada di display panel meter ketiga mobil yakni Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross dan Mitsubishi Pajero Sport dalam tampilan daun. Selain itu ada informasi yang tertulis ECO. Jika pengemudi berkendara dengan efisien maka informasi ECO akan terus menyala. Namun jika tidak maka informasi ECO akan hilang.

Semakin efisien berkendara maka bagian dalam daun yang semula kosong akan terisi dengan warna hijau. Jika seluruh daun terisi hijau maka gaya berkendara dipastikan benar-benar efisien. ECO Meter dan Eco Drive Assist ini akan sangat berguna saat ini di tengah kondisi harga bahan bakar minyak yang semakin mahal.

Pada kendaraan Mitsubishi (terutama varian tertinggi dan menengah ke atas) terdapat fitur eco drive assist dan dan Eco Meter yaitu fitur Fungsi ini menampilkan bagaimana Anda mengemudi dengan menghemat bahan bakar di bawah kondisi mengemudi yang berbeda.

Tampilan ECO drive assist dan eco meter akan berubah jika anda mengemudi seperti di bawah ini, dengan menghemat bahan bakar menggunakan akselerasi yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan.

Mobil-mobil Mitsubishi terutama varian menengah dan teratas telah dilengkapi dengan fitur Cruise Control. Fitur ini bisa membantu pengemudi untuk mendapatkan efisiensi bbm yang sangat baik.

Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross dilengkapi dengan Cruise Control konvensional sementara Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control.

Perbedaannya adalah Adaptive Cruise Control dapat dengan otomatis menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang ada di depan Mitsubishi Pajero Sport. Sebaliknya Cruise Control yang ada di Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross masih perlu intervensi pengemudi untuk penggunannya.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia mengatakan, untuk cruise control memang sangat membantu sejak adanya jalan tersambung dari Jakarta sampai ujung Jawa.

“Untuk yang dipakai Xpander adalah cruise control normal. Karena kelasnya Small MPV jadi tidak bisa taruh luxurious feature seperti adaptif cruise control yang complicated. Cruise control standar, walau kecepatan bisa dilock, tapi driver awarenes harus tetap ada” kata Rifat

“Kita punya Pajero dengan fitur adaptive cruise control dan pengeraman aktif. Mobil akan mengikuti kecepatan mobil yang di depannya. Ini fitur premium makanya adanya di mobil premium” tambahnya

Kendaraan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) ini mendapatkan ubahan dari sisi eksterior, interior dan penambahan fitur baru. Bagian depan, mulai dari desain headlamp baru, gril baru, front under garnish dengan aksen silver metallic di bagian bawah kendaraan, sampai desain pelek dan lainnya.

Guntur Harling, General Manager of Product Strategy Division MMKSI mengatakan, New Xpander Cross hadir dengan perbaikan dan penyempurnaan dari sisi performa yang signifikan, dan mempertahankan fitur unggulan.

Keunggulan pada Xpander Cross yang sudah ada masih kami pertahankan, seperti kelegaan kabin dan kenyamanan berkendara. Sebagai kendaraan keluarga ini sangat penting, ditambah beberapa fitur, diantaranya utility yang sangat penting” jelas Guntur.

New Mitsubishi Xpander Cross melantai di GIIAS 2022, di mana Low SUV ini mendapatkan beberapa ubahan dan dibekali fitur Active Your Control (AYC).

Fitur AYC ini diklaim mampu membantu mengoptimalkan kestabilan kendaraan khususnya ketika bermanuver secara cepat atau dijalan yang licin. Sebelumnya fitur ini disematkan pada Mitsubishi Lancer Evo.

Fitur AYC tidak bisa dimatikan secara manual. Fitur bekerja saat menikung dan pengereman, terutama dalam kondisi jalan licin dan kecepatan tingi. Keamanan adalah poin yang diharapkan oleh fitur ini.

Soal harga, New Xpander Cross dipasarkan dalam dua pilihan varian yaitu New Xpander Cross MT dengan harga Rp 309.950.000, sedangkan New Xpander Cross Premium Package CVT dengan harga Rp 335.750.000.

 

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca