Jendela Otomotif Indonesia

Bosch Edukasi Pemeriksaan Kendaraan Berkala dan Bagikan 6.000 Busi Gratis

0

Jakarta – Bosch melalui Divisi Automotive Aftermarket menggagas Kampanye Bosch Spark All the Way sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam mengurangi pencemaran udara.

Berlangsung mulai 22 Januari 2022 hingga 6 bulan ke depan, Bosch mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perawatan kendaraan secara berkala, serta membagikan 6.000 busi kepada para pemilik mobil.

Pelaksanaan program ini melibatkan 100 bengkel yang tersebar di Jabodetabek dan wilayah Indonesia lainnya.

Arditya Wicaktama, Channel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia mengatakan, kualitas pembakaran dalam mesin kendaraan sangat memengaruhi kadar emisi gas buang. Proses pembakaran yang ideal berpengaruh pada kualitas gas buang kendaraan pada ambang yang masih bisa ditolerir.

Baik buruknya kualitas pembakaran dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu: Komponen pemercik api atau busi, Kondisi ruang bakar, dan Kualitas bahan bakar.

Salah satu cara untuk menjaga proses pembakaran mesin agar tetap ideal adalah dengan melakukan perawatan kendaraan secara berkala

Sebelum memulai kampanye, Divisi Automotive Aftermarket dari Bosch Indonesia telah melakukan pengujian emisi terhadap sejumlah mobil secara acak. Tes tersebut dilakukan untuk membandingkan performa mesin kendaraan sebelum dan sesudah pembersihan ruang bakar, serta penggunaan busi bawaan mobil versus busi Bosch.

Hasilnya, setelah proses pembersihan ruang bakar dan penggantian ke busi Bosch, terjadi penurunan kadar karbon monoksida (CO) dari 0.27% menjadi 0,05% serta berkurangnya kandungan hidrokarbon (HC) dari 165ppm menjadi 33ppm.

Semakin kecil angka, semakin bagus pula kualitas pembakaran mesin kendaraan (dengan standar ambang batas 1.5% untuk CO, dan 200ppm untuk HC).

Jabodetabek sendiri menjadi salah satu area fokus kampanye Bosch Spark All the Way. Khususnya di DKI Jakarta, berdasarkan data BPS, lebih dari 3,3 juta mobil beredar di provinsi ini – terbanyak kedua setelah Jawa Barat (3,6 juta).

Tak heran jika Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mendapati bahwa 75% pencemaran udara di Ibu Kota disumbangkan oleh transportasi darat, wilayah aglomerasi ini mencakup Kota Tangerang Selatan yang menurut IQAir diposisikan sebagai kota paling berpolusi di Indonesia pada 2020 lalu.

“Kampanye Spark All the Way ini merupakan kontribusi awal Bosch untuk mendukung program uji emisi kendaraan yang sedang digalakkan pemerintah, harapan kami, aktivitas ini bisa kami lanjutkan, bahkan semakin diperluas sehingga berdampak semakin signifikan dalam mengurangi pencemaran udara” jelas Arditya.

Komentar pembaca