• 25 April 2024 05:55

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Jakarta – Oli merupakan elemen penting untuk sebuah mesin. Baik sintetis, semi-sintetik atau mineral, oli mesin memainkan banyak peran. Seperti untuk daya tahan tinggi, menghasilkan performa maksimal serta menghasilkan konsumsi bahan bakar yang rendah dan emisi gas buang yang baik.

Peran utama oli mesin adalah untuk melumasi bagian-bagian mesin yang mengalami gesekan konstan. Disamping itu, oli memiliki fungsi untuk pembersihan. Deposit mikroskopis akan menumpuk di mesin yang terdiri dari debu atau sisa pembakaran.

Tanpa oli mesin yang berkualitas, residu akan menyumbat mesin dan menurunkan performanya. Aliran oli mesin secara terus-menerus membawa kotoran ini ke filter oli, tempat kotoran tersebut terperangkap.

Oli memiliki fungsi untuk mendinginkan. Energi yang hilang melalui pembakaran dan gesekan antara bagian mekanis menyebabkan suhu mesin naik. Bagian pelumasan yang disediakan oleh oli mesin membantu melepaskan panas melalui sirkuit pelumasan.

Selain itu, oli turut sebagai pelindung dari karat. Pembakaran bahan bakar menghasilkan asam korosif yang dapat merusak bagian logam di mesin. Dengan aditif yang ditambahkan ke oli mesin modern, korosi bisa diperlambat.

Hino Genuine Oil (HGO) sudah mengandung komponen aditif yang lengkap untuk kendaraan. Terdapat 9 komponen aditif Hino Genuine Oil seperti friction modifier untuk melapisi permukaan logam dan mengurangi gesekan.

Oiliness agent yang memperkuat lapisan film pada oli dan anti wear mencegah keausan dan kerusakan pada komponen. Oli asli Hino juga dilengkapi anti corossion menjaga komponen tidak mudah korosi. Serta anti-oxidant mencegah oksidasi dan memperpanjang umur oli.

Pada Hino Genuine Oil terdapat juga detergents & dispersants menjaga mesin tetap bersih. Viscosity index improver menjaga stabilitas viskositas, antifoaming agents mencegah pembentukan gelembung busa, dan pour point depressant mempertahankan fluiditas pada suhu dingin

“Kami hadirkan HGO yang sudah mengandung komponen aditif yang lengkap untuk kendaraan bisnis customer, dan pastikan selalu menggunakan Hino Genuine Oil agar bisnis lebih efisien” Ujar Santiko Wardoyo, COO-Director PT Hino Motors Sales Indonesia.

Hino Bus RN 285 & R 260 mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar yang lebih baik, berkisar 11% untuk Hino Bus R 260 dan Hino Bus RN 285 di angka 7%. Dari sisi operasional cost, perbandingan biaya ganti oli selama satu tahun juga lebih hemat seperti Hino Bus R260 lebih hemat 78% bila dibandingkan brand lain.

“Hino memiliki lubang pelumasan pada Oil Gallery untuk mendinginkan piston. Ini akan meningkatkan efisiensi pendinginan dibandingkan dengan tipe piston tanpa oil gallery. Piston dengan cooling gallery, 50% panas dari piston akan ditransfer ke minyak pelumas” jelas Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca