• 20 April 2024 23:24

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Jakarta – Mendukung upaya pemulihan UMKM sektor kuliner, Bosch, penyedia layanan teknologi global dan AIoT terkemuka memprakarsai kompetisi “Bosch Virtual Chef” bersama dengan The Gourmet by Ranch Market, yang bertujuan meningkatkan kapabilitas pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis melalui optimalisasi teknologi secara berkelanjutan.

Pelaku UMKM kuliner terpilih nantinya akan mendapatkan serangkaian program Bosch Virtual Chef; meliputi cooking workshop bersama Chef Degan Septoadji, pelatihan manajemen bisnis dan strategi pemasaran digital bersama Krealogi, dan produk kitchen appliances dari Bosch.

Pemenang dari kompetisi ini akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan booth di salah satu lokasi Ranch Market. Registrasi peserta kompetisi berlangsung selama 1-14 September 2021.

Shinta Maryke, Manager, Corporate Communications & Brand Management, Bosch di Indonesia mengatakan, Bosch percaya pemanfaatan teknologi secara tepat dalam keseharian mampu meningkatkan kualitas kehidupan. Tak terkecuali penggunaan teknologi dalam berbisnis.

“Bosch Virtual Chef hadir mendekatkan pelaku UMKM kuliner kepada implementasi teknologi untuk pengembangan usaha sehingga mereka lebih mampu mencapai kesejahteraan. Salah satunya dengan menyiapkan pelaku UMKM tersebut untuk go digital – selaras dengan target pemerintah untuk mendigitalkan 30 juta UMKM pada 2030 mendatang” imbuhnya

Hasil survei Bosch mendapati bahwa untuk mengembangkan usaha mereka, pelaku UMKM kuliner Indonesia mengaku paling membutuhkan tiga bentuk dukungan berikut: pertama, peningkatan keterampilan memasak; kedua, peningkatan eksistensi usaha secara daring (online), dan ketiga, peningkatan kemampuan strategi operasi bisnis.

Untuk berpartisipasi dalam Bosch Virtual Chef, pelaku UMKM kuliner harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain: 1) berdomisili di Jabodetabek, 2) usia usaha yang telah berjalan minimal setahun, 3) menyajikan makanan Indonesia sebagai menu utama, 4) kapasitas produksi makanan sejumlah minimal 50 porsi per hari, dan 5) sudah memiliki akun sosial media.

Dari pendaftar yang terkumpul, Bosch akan memilih 5 pelaku UMKM kuliner sebagai kandidat peserta pelatihan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya. Momen puncak Bosch Virtual Chef, yakni adu keterampilan memasak secara daring, rencananya akan dilangsungkan pada 9 Oktober 2021.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca