Berpendapat dan Fakta, Kritik Substansinya bukan Pribadi Orangnya

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual.

Kegiatan yang kembali digelar di Luwu, Sulawesi selatan ini dihadiri oleh sebanyak 621 peserta dari berbagai kalangan, Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Bang Mirham yang menyampaikan tema “Mengenal Macam-Macam Aplikasi Percakapan”, sejumlah aplikasi pesan instan yang dapat digunakan warganet di internet atau gawai, antara lain, Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, Telegram, Line, Skype, serta KakaoTalk. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri.

“Beberapa tindakan tidak terpuji yang kerap ditemui di media sosial, antara lain, flaming atau menghina seseorang, trolling atau komentar bernada provokasi, serta junking atau membagikan konten yang tidak bermanfaat di media sosial. Sedangkan jenis konten bernilai positif, misalnya kisah inspiratif, edukatif, informatif, serta hiburan atau konten lucu” ungkap Nurdin Amir.

Menurut dia, belakangan ini kasus pemidanaan warganet terkait aktivitasnya serta tuduhan melanggar UU ITE di media sosial meningkat cukup pesat. Bahkan, sekarang ini laporan kasus pencemaran nama baik bisa menjerat siapa saja.

“Selain itu, orang tua perlu mendampingi ketika anak berinternet, ajarkan mereka etika di dunia maya, dan berikan ruang untuk berkreasi secara positif. Dorong anak untuk melapor ke sekolah atau keluarga saat melihat dan mengalami masalah di dunia maya” tuturnya Umi Fatonah.

Webinar literasi digital ini mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Komentar pembaca