• 28 Maret 2024 23:09

Jakarta – Kiat Memaksimalkan Marketplace dan Investasi yang Aman” menjadi tema terbaru dari Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 21 Juni 2021 di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan dan dihadiri oleh 779 peserta dari berbagai profesi dan usia.

Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Desi Dwi Jayanti dari Katadata. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif” kata Presiden.

“Saat ini 23% pemilik usaha kecil merasa harus memperkuat kemampuan e-commerce mereka agar bisa bertahan di dunia pasca pandemi. Mau tidak mau orang harus memindahkan toko fisiknya ke lokapasar, situs atau aplikasi belanja daring. Kalau tidak, akan sulit berkembang” ungkap Giri Lumakto.

Di era industri 4.0, pelaku UMKM lokal dihadapkan pada persaingan ketat, termasuk dengan produk impor. Untuk itu, UMKM didorong beralih ke e-market yang bisa meningkatkan penjualan, memberikan keuntungan lebih ke pelanggan, mendekatkan ke pelanggan, menghemat biaya, dan memperluas pengalaman pelanggan.

Upi juga memaparkan cara agar masyarakat tidak konsumtif, yaitu mengubah kebiasaan dari konsumen menjadi produsen. Contohnya ada kelompok yang membuat produk-produk yang bisa dijual sendiri. Jadi, dulunya konsumen, lalu jadi reseller, dan sekarang jadi produsen yang menjual sendiri.

Runi mengungkapkan, di era pandemi terjadi peningkatan aktivitas investasi daring. Jumlah akun investasi daring pada 2019 baru 1,1 juta dan naik menjadi 1,5 juta pada 2020.

“Agar aman berinvestasi daring, pilih platform terpercaya dan memiliki keamanan berlapis, pastikan keamanan gawai, gunakan jaringan milik sendiri, dan waspadai penipuan daring” tuturnya.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca