• 29 Maret 2024 14:54

Samsung Smart Learning Class, Bantu Guru dan Siswa Lebih Mudah Beradaptasi

Jakarta – Samsung Electronics Indonesia melalui program Samsung Smart Learning Class (SSLC) telah bekerjasama dengan beberapa sekolah yang ada di Indonesia, salah satunya SMA Plus Negeri 17 Palembang, untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi pada kegiatan belajar mengajar.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia menjelaskan, SSLC hadir dengan tujuan awal memperkenalkan cara baru dalam proses belajar mengajar, juga agar guru dan siswa dapat meningkatkan kemampuan serta membiasakan diri pada teknologi dan perangkat digital.

“Kami sangat senang, ketika pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh, bekal pemanfaatan teknologi yang kami berikan melalui program SSLC ini, khususnya kepada para guru di SMA Plus Negeri 17 Palembang, bisa membantu mereka dan juga siswa melaksanakan proses belajar mengajar” Ujarnya

“Memang tidak mudah, tapi karena kami sudah terbiasa memanfaatkan fasilitas SSLC dari Samsung, alhamdulillah proses belajar mengajar kami dengan 1.030 orang siswa dapat berjalan dengan baik dan efektif” papar Kepala SMA Plus Negeri 17 Palembang, Dr. Parmin, S.Pd., M.M.

Manfaat lain yang dirasakan dari hadirnya program SSLC dalam mendukung pembelajaran jarak jauh di SMA Plus Negeri 17 Palembang, adalah adanya Samsung Galaxy Tab A with S Pen yang selama ini juga disediakan melalui program SSLC.

“Cukup masuk ke aplikasi video conference dan mereka tinggal share screen dari tab yang digunakannya kemudian bisa langsung, istilahnya, mencoret-coret rumus sehingga siswa kami lebih mengerti dibandingkan hanya dengan verbal saja” tambahnya

“Dibandingkan dengan laptop, menggunakan Galaxy Tab dirasa lebih fleksibel. Karena, ketika guru olah raga kami ingin mencontohkan suatu gerakan tertentu, tab ini bisa dibawa ke luar ruangan dan gerakan yang akan dikirimkan ke para siswa dapat direkam dengan memanfaatkan kamera utama 8 Mp-nya” jelas Dr. Parmin.

Program SSLC juga membekali para guru dan siswa dengan aplikasi e-book dari pesona edu. Hadirnya e-book ini membantu guru mempertahankan konsentrasi para siswa agar tetap “betah” menatap layar, karena e-book dari pesona edu memiliki program interaktif dengan video dan gambar.

“Kami berharap, melalui teknologi dan pembekalan yang diberikan oleh SSLC, proses pembelajaran jarak jauh dapat secara optimal membekali kemampuan siswa untuk berpikir kritis, bekerjasama, berkomunikasi, serta berpikir kreatif dan inovatif” tutup Ennita.

By isnawati

Gadis kelahiran tahun 1995 lulusan UNPAM, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya karena tertular sang suami yang menjadi penulis di sebuah media lokal

Komentar pembaca