Metode Belanja Keperluan Rumah Tangga Lebih Pintar di Era New Normal

Advertisements

Jakarta – Shooper, aplikasi s haring community (komunitas berbagi) pertama dan satu-satunya di Indonesia yang turut dikembangkan di MIT Sloan School of Management, Amerika Serikat mempunyai beberapa fitur dan tips yang dapat digunakan masyarakat Indonesia agar lebih pintar berbelanja kebutuhan rumah tangga di era n ew normal.

* Buat pencatatan dan rencana belanja bulanan

Dengan adanya pencatatan, kita dapat memastikan bahwa seluruh belanja bulanan sesuai dengan budget dan perencanaan, di samping itu juga dapat membuat proses belanja menjadi lebih efisien, dan dapat meminimalisir perlu keluar rumah.

Setiap kali setelah berbelanja, pengguna cukup mengunggah struk belanja tersebut di aplikasi Shooper, selanjutnya data belanja tersebut akan tercatat secara otomatis. Dengan demikian pengguna akan mengetahui berapa pengeluaran bulanan untuk setiap kategori, misalnya, kategori makanan, kebersihan, perawatan wajah, kebersihan rumah-tangga dan yang lainnya.

* Lakukan analisa belanja untuk memastikan tidak ada pemborosan

Dengan adanya pencatatan atau rekor belanja bulanan keluarga, maka pengguna dapat melakukan analisa dari data yang tersedia di Shooper tentang perilaku belanja keluarga. Sebagai contoh, pengguna akan mendapatkan data pengeluaran atas semua barang belanjaan, seperti ayam, daging segar, detergen, sayuran, es krim, dan sebagainya.

* Jangan tergoda diskon pada suatu produk

Misalnya, ada toko yang memberikan promosi minyak goreng untuk menarik banyak pelanggan, namun harga barang-barang yang lain justru lebih mahal. Akibatnya masyarakat justru membayar lebih mahal hanya karena ingin hemat satu produk.

Dengan Shooper, masyarakat dapat mencari harga termurah di supermarket terdekat. Dalam penerapannya pengguna cukup mengetik nama produk yang dicari atau membuat daftar belanja mingguan atau bulanan, selanjutnya Shooper akan menganalisa dimana minimarket, supermarket, atau toko yang termurah dan terdekat yang menyediakan semua produk-produk itu.

* Bergabung di komunitas berbagi informasi

Dewasa ini, teknologi terkini memungkinkan kita untuk dapat terus berinteraksi dan bertukar informasi tanpa terbatas dengan tempat dan waktu. Shooper merupakan sebuah komunitas yang dapat memberi banyak nilai tambah dan manfaat besar kepada semua yang ikut berbagi informasi hanya dengan mengunggah struk belanja di aplikasi.

Dengan fitur S hooperPoint yang merupakan u niversal point-reward, para pengguna akan mendapat poin dari setiap struk belanja yang mereka unggah. Poin terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik seperti h andphone Samsung, produk elektronik dan v oucher belanja.

Oka Simanjuntak, CEO & Founder Shooper menjelaskan, dengan kehadiran Shooper, masyarakat akan mendapatkan berbagai informasi tentang harga barang-barang di toko-toko fisik. Di sisi lain, hal ini juga bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan dataset yang lebih lengkap tentang perilaku dan kebutuhan konsumen.

“Dengan keterbukaan informasi ini, kami berharap dapat semakin mendorong tumbuhnya konsep sharing economy sehingga perekonomian Indonesia menjadi lebih terpacu dan tumbuh inovasi-inovasi baru” tutup Oka.

Komentar pembaca