Mendorong Kalangan Muda Indonesia, Bosch Adakan Kompetisi Bosch Internet of Things Hackathon 2019

Advertisements
SurabayaBosch, perusahaan penyedia teknologi dan layanan global terkemuka, hari ini menggelar puncak kompetisi pengembangan Internet of Things (IoT) di Indonesia, yang bertajuk Bosch IoT Hackathon 2019.

Dengan lebih dari 140 juta pengguna internet, pasar IoT di Indonesia diperkirakan bernilai USD 30 miliar (Rp 444 triliun) pada 2022 mendatang. IoT sendiri merupakan salah satu kemajuan teknologi kunci guna mendukung implementasi industri 4.0 di Indonesia; sebuah inisiatif untuk membantu mewujudkan visi negara dalam menjadi salah satu dari sepuluh besar ekonomi di tingkat global.

“Tujuan kompetisi ini adalah menumbuhkan, mempromosikan dan mendukung inovasi anak-anak muda yang cerdas digital dengan menantang mereka untuk mengembangkan solusi IoT menggunakan Bosch XDK” Ujar Andrew Powell, managing director Bosch di Indonesia.

“Bosch berupaya menemukan solusi IoT lokal baru di bidang smart manufacturing, smart mobility, smart cities, smart agriculture atau aquaculture, serta solusi yang membawa dampak positif bagi lingkungan dan sosial” Ujarnya.

IoT sendiri merupakan salah satu kemajuan teknologi kunci guna mendukung implementasi industri 4.0 di Indonesia; sebuah inisiatif untuk membantu mewujudkan visi negara dalam menjadi salah satu dari sepuluh besar ekonomi di tingkat global.

Pada September lalu, sepuluh tim finalis telah dipilih dari sekian banyak ajuan proposal yang terdaftar. Untuk menguatkan dan memvalidasi ide-ide awal mereka, seluruh tim ditugaskan melakukan wawancara dengan calon pelanggan.

Pada puncak kompetisi hackathon pada 16-17 Oktober 2019 di Surabaya, sepuluh tim beradu mempresentasikan ide mereka. Beragam gagasan mereka antara lain sistem untuk memonitor pengolahan biji kopi, alat pakan ikan otomatis, sensor pendeteksi vibrasi dan suhu mesin pabrik, dan sistem pemetaan polusi udara perkotaan.

“Langkah Bosch ini dapat mendorong anak-anak muda Indonesia yang kreatif dan inovatif untuk mengeksplorasi solusi Indonesia yang unik, dan yang terpenting, mengubah ide-ide mereka menjadi solusi yang terhubung untuk masa depan” tutup Powell.

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE