• 18 April 2024 14:59

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

RS. Evasari Awal Bros Adakan Seminar Mengenai “Jantung Anak Sehat, Investasi Masa depan”

Evasari Awal Bros Adakan Seminar Mengenai Jantung Anak Sehat Investasi

Lensautama.com – RS. Evasari Awal Bros yang terletak di jalan Rawamangun No.47, Pramuka pada hari Sabtu, 22 September 2018 mengadakan seminar awam mengenai kesehatan jantung anak. Mengambil tema “Jantung Anak Sehat, Investasi Masa Depan” dengan narasumber dr. Nuvi Nusarintowati, Sp. A (k) yang juga merupakan dokter spesialis anak konsultan kardiologi anak Rumah Sakit Evasari Awal Bros. Seminar untuk orang awam ini merupakan salah satu Campaign RS. Awala Bros tentang jantung dalam rangka menyambut hari Jantung Dunia pada tanggal 29 September 2018 mendatang.

 

Keunggulan RS. Evasari Awal Bros

Direktur RS. Evasari Awal Bros, dr. Fery Aryo Pangarso, MARS mengatakan bahwa Rumah Sakit Awal Bros memiliki keunggulan dan pengalaman dalam menerapkan pelayanan prima yang mengutamakan keselamatan pasien berdasarkan standard Internasional. RS. Evasari Awal Bros Jakarta adalah rumah sakit umum yang memiliki layanan jantung serta Woman and Children Center.

“Di RS. Evasari Awal Bros menyediakan skrining, diagnosis dan terapi konvensional serta intervensi. Selain itu, disisni juga ada Woman and Children Center yang membuktikan RS. Evasari sangat peduli terhadap kesehatan ibu dan tumbuh kembang anak secara optimal dengan menyediakan berbagai layanan untuk anak, wanita dan juga bayi,” ujarnya.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung ternyata tidak saja dialami oleh manusia dewasa saja. Ternyata anak-anak yang masih usia dini juga rentan dengan penyakit jantung. Bahkan kelainan jantung bawaan dapat dialami anak-anak saat masih dalam kandungan. Adapun penyakit jantung yang terjadi sejak dalam kandungan biasa dikenal dengan penyakit jantung bawaan.

Jenis kelainan bentuk jantung pada bayi atau anak sangat bervariasi dan menimbulkan gejala klinis yang beragam mulai dari ringan seperti mudah lelah , sering infeksi saluran nafas, berat sulit bertambah bahkan sesak atau tampak biru.

“Untuk menemukan lebih dini penyakit jantung bawaan maka orangtua diajak untuk dapat mengamati tersebut. Sedangkan dari sisi medis pemeriksaan rontgen dada dan ekokardiografi dapat menunjang untuk menentukan jenis oenyakit jantung tersebut,” terang dr. Nuvi.

Kelainan jantung bawaan memiliki banyak ragam yang dialami anak-anak antara lain adalah

  • Sekat bilik jantung berlubang (Ventracular Septal Defect/VSD),
  • Penyempitan Katup Paru (Pulmonary Stenosis /PS),
  • Sekat Serambi Jantung Berlubang (Atrial Septal Defect / ASD) dan
  • tetralogi Fallot ( Tetralogy OF Falot / TOF).

“Mulailah orang tua menjaga kesehatan jantung anak dimulai dari sekarang dengan melakukan hal-hal seperti memperhatikan bahan makanan, menjaga pola istirahat dan melakukan aktifitas sehat seprti rutin berolahraga, dsb. Karena kesehatan jantung anak adalah sebuah investasi di masa depan untuk dapat meraih mimpi mereka,: pungkas dr. Nuvi.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca