• 27 Juli 2024 09:56

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Kemenko PMK Ajak Supporter Indonesia Bersikap Sportif

Kemenko PMK Ajak Supporter Indonesia Bersikap Sportif

Kemenko PMK Ajak Supporter Indonesia Bersikap Sportif

 

Lensautama.com – Seruan agar para suporter sepak bola Indonesia berlaku sportif dan berjiwa besar bergulir dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). ‘’Sebagai pendukung sejati Tim Nasional atau tim apa pun, kita harus berjiwa besar, terib, sportif, tidak boleh berlaku anarkis dalam ketika tim kesayangan kita  mengalami kekalahan.” ujar Nyoman Shuida, Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK di kantornya Jum’at (13/7). Nyoman menyesalkan adanya kericuhan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo Kamis malam, seusai Timnas Sepakbola Indonesia U 19 dikalahkan Tim Malaysia lewat adu pinalti.

Nyoman mengatakan, jikapun terjadi kekalahan, sewajarnya para pendukung menyampaikan pesan-pesan positif yang dapat mendukung dan mengangkat semangat para atlet cabang olahraga sehingga nantinya dapat meraih prestasi yang lebih baik. “Jangan nanti ketika kalah pendukung cabang olahraga melampiaskannya kepada tim yang memenangkan pertandingan. Berilah dukungan positif agar atlet dari cabang-cabang olahraga Indonesia dapat berprestasi lebih baik,” kata Nyoman.

 

Cerminan Dunia Olahraga

Menurut Nyoman, perilaku supporter bisa menjadi  cerminan dunia olahraga. Sikap dan perilaku pendukung dalam menanggapi jalannya pertandingan atau lomba, menurut Nyoman, akan memberikan dampak bagi cabang olah raga terkait.  Sikap sportif dan jiwa besar ini  penting untuk ditunjukkan, menurut Nyoman pula, karena akan memberikan energi positif bagi tim dan atlet yang didukung. ‘Perilaku supporter ini juga ikut menentukan citra olah raga Indonesia di mata dunia internasional,’’ kata Nyoman pula.

Nyoman menjelaskan bahwa energi positif tidak hanya didapat saat tim Indonesia memenangi pertandingan saja. “Namun dalam menerima kekalahan, kita harus terima itu dengan sportif. Supporter yang baik mampu menerima kemenangan dan siap juga menerima kekalahan” jelas Nyoman.

 

Sportif dan Berjiwa Besar

Sikap sportif dan jiwa besar ini sangat penting untuk dibangun dan dipelihara oleh para pendukung cabang-cabang olahraga terlebih saat ini Asian Games 2018 sudah di depan mata. Dengan adanya nilai-nilai positif yang diberikan oleh para pendukung cabang-cabang olahraga, maka keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 dapat terwujud. “Menjelang Asian Games 2018, para pendukung harus terus membangun nilai-nilai positif dalam memberikan dukungannya agar sukses prestasi dapat diraih dan juga yang penting sukses penyelenggaraan dapat dicapai” ajak Nyoman.

Komentar pembaca