• 29 Maret 2024 17:04

Pemerintah Kabupaten Bogor & Petani Optimis Panen Raya Picu “Harga Cabe Melambung Tinggi”

ByMuhammad Yusuf

Jul 2, 2017

Lensautama.com – pemerintah & Petani dengan harga cabai segera menetralisasikan kembali dalam keadaan normal kembali menyusul dengan adanya panen raya Cabaibyang sudah berlangsung di beberapa daerah maupun di kawasan kabupaten bogor jawa barat sendiri.

“Panen Raya Cabai merah keriting ini sedang berlangsung di berbagai daerah di kabupaten bogor maupun di kawasan luar jawa barat khususnya di wilayah Megamendung kabupaten bogor ini. Sebagaimana yang dilihat sekarang ini. Saat ini kami yakin pasokan bahan pangan serta harga cabai akan kembali normal kembali” ujar Ir.Siti Nurianty MM Dinas Tanaman pangan Hartikulitura dan Perkebunan kabupaten Bogor.

Selain memenuhi pasar lokal maupun pasar luar negeri,hasil panen petani itu juga memenuhi standarlisasi pasar nasional.hasil produk tersebut dikirim melalui pasar tradisional Pasar Induk kramat Jati Jakarta serta di pasar yang berada di Jawa barat dan sekitarnya.

Pihaknya sangat optimis dengan adanya lonjakan kenaikan harga cabai dan panen raya yang mulai berlangsung pada hari ini,kedepannya bisa menstabilkan harga cabai,jika pasokan tersbut mencukupi dari harga petani pun akan terjaga.

Sementara itu,Deny sebagai petani cabai di kawasan megamendung jawa barat mengatakan “tanaman cabai di kawasan ini merupakan salah satu aset dan penopang bagi para petani serta keterbatasan,ketersediaan tanamanan acabai secara nasional di pasaran dengan luas lahan lebih dari 2,2 hektar ini.saya juga mengharapkan kepada pemerintah untuk dapat mensejahterahkaan para petani yang berada di kawasan ini”.tandasnya.

Inoel Gondrong komunitas para petani megamendung jawa barat mengatakan,” secara sektor ekonomi harga cabai ini sangat menguntungkan sekali bagi para petani dan pemerintah daerah maupun pusat.namun untuk tren pemerintah untuk menaikan dan menurunkan harga komoditi harga cabai merah keriting yang berada di pasar indonesia khusus nya di wilayah megamendung kabupaten bogor jawa barat,seharus nya dari pihak pemerintah harus terjun langsung dalam menggulangi panen raya cabai.pungkasnya.

Menambahkan,Pihak berharap harga cabai bisa tetap bagus dan para petani cukup kwatir jika harga melambung tinggi jika harga turun hingga 30 % perkilogram ia juga berharap pemerintah membuat kebijakan khusus sehingga petani tidak menderita kerugian.ujar.

Luas lahan tanaman cabai di kabupaten bogir megamendung jawa barat dengan luas lahan lebih dari 2,2 hektar.sejumlah daerah besar maupun kecil menjadi sentra pusat tanaman cabai,seperti di desa pasir angin, megamendung,kabupaten bogor jawa barat.@ mabrur_hafidz

Komentar pembaca