Elec City, Bus Listrik Hyundai yang Sanggup Menempuh Jarak 290 Km

LensaUtama.com – Di saat para pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk membuat mobil listrik, hal berbeda dilakukan oleh Hyundai. Pabrikan otomotif raksasa asal Korea Selatan tersebut, baru saja meluncurkan bus listrik untuk memenuhi pasar kendaraan komersial.

Bus listrik yang diberi label all-new Hyundai Elec City, diperkenalkan untuk kali pertamanya ke publik Korea pada ajang Hyundai Truck & Bus Mega Fair di ibukota Korea Selatan, Seoul. Kemunculan bus listrik Hyundai ini, tak pelak lagi menimbulkan banyak pertanyaan.

bus listrik
Peluncuran perdana bus listrik Hyundai, elec city (dok.istimewa)

Sampai sekarang, para pabrikan mobil yang menggarap mobil listrik, masih belum nyaman dengan kendaraan buatannya. Tapi, secara mengejutkan Hyundai malah mengeluarkan kendaraan listrik untuk penumpang.

Meskipun masih banyak yang meragukannya, tapi pihak Hyundai mengklaim kalau bus listrik buatan mereka sudah memenuhi standar kelayakan.

“Elec City memerlihatkan sedikit gambaran mengenai kendaraan transportasi publik di masa mendatang. Bus ini menampilkan kecocokan dari kendaraan listrik lansiran Hyundai Motor untuk keperluan komersial,” ujar salah satu direktur dari Hyundai Motor Company.

Fitur dan Performa Bus Listrik Hyundai

Ketika dilakukan uji coba kelayakan jalan, Elec City mampu memerlihatkan kemampuan terbaik dari bus listrik di kelasnya. Dilengkapi dengan baterai lithium-ion polymer bertenaga 256 kwh, dan juga motor elektrik sebesar 240 kW, bus listrik Hyundai ini sanggup melaju hingga 290 km (180 mil) dalam satu kali pengisian.

Kombinasi yang dihasilkan dari baterai dan motor elektrik tersebut, membuat daya jelajah bus ini lebih jauh sekitar 60 mil dibandingkan para kompetitornya. Tak hanya itu saja, karena waktu pengisian baterainya relatif cukup singkat. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 55 menit.

Bus Listrik
Bus Elektrik Pertama buatan Hyundai (dok.istimewa)

Lebih jauh lagi, Elec City juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur penunjang keselamatan dalam berkendara. Tak hanya bagi pengemudi, tapi juga bagi para penumpang. Fitur-fitur yang terdapat pada bus listrik Hyundai ini antara lain Around View Monitoring dan Full Color Digital Cluster.

Meskipun baru diperkenalkan, tapi Hyundai sudah berencana untuk memproduksi bus listrik ini. Jika tak ada halangan, Hyundai akan menjual Elec City pada 2018 mendatang.

Komentar pembaca