• 25 April 2024 21:21

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Opera Kembangkan Beberapa Fitur di Opera Mini untuk Pengguna Android

Beberapa fitur terkini pada Opera Mini baruBeberapa fitur terkini pada Opera Mini baru

LensaUtama.com – Opera Mini versi anyar untuk perangkat Android memberikan sensasi baru dalam menjelajah situs web dengan beragam fitur baru yang lebih cepat, mudah dan berguna untuk para penjelajah web. Rangkaian fitur baru ini dirancang khusus untuk pengguna smartphone di Indonesia dan akan meningkatkan standar dengan keunikannya dalam distribusi konten, keterlibatan dan aksesibilitas. Opera Mini versi anyar ini tidak hanya membantu netizen Indonesia untuk mengakses lebih banyak situs web, tetapi juga memfasilitasi dalam mendapatkan konten yang diinginkan lebih cepat dari sebelumnya.

Pembaruan fitur download manager bikin mengunduh video dan musik jadi lebih mudah
Dengan kondisi koneksi internet yang lamban, mengunduh merupakan cara yang paling banyak dipilih para pengguna smartphone di Indonesia untuk menikmati video dan musik online. Opera Mini berinisiatif mengatasi hal tersebut dengan menghadirkan ikon baru yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh video dan musik lebih cepat. Opera Mini versi baru menawarkan pengguna untuk mengunduh file lebih mudah dengan fitur pemindai otomatis. Fitur ini juga dapat mencegah pengguna mengklik pop-up iklan yang tidak diinginkan saat hendak memulai proses pengunduhan.

Bagaimana Opera Mini dapat melakukan proses pengunduhan lebih cepat? Ketika pengguna mengakses media sosial, MP3, atau situs untuk mengunduh film, Opera Mini secara otomatis memindainya dan memberikan tautan untuk mengunduh secara langsung. Hal ini dapat dilakukan saat pengguna mengaktifkan Mode Ekstrim pada Opera Mini. Konten yang dapat diunduh akan muncul layaknya pilihan yang tersedia bagi pengguna untuk dipilih dalam bentuk menu drop-down di bagian atas layar. Hal ini memberikan pengalaman mengunduh yang lancar tanpa harus repot untuk scrolling atau tersesat pada beragam pilihan yang membingungkan.

Fitur pemindai otomatis ini sekarang tersedia di Facebook serta beberapa situs lainnya. Opera Mini berencana menambah daftar situs untuk ketersediaan ikon pengunduhan ini seiring perjalanan waktu.

Opera Mini versi anyar kini memiliki fitur newsfeed yang didukung oleh AI atau kecerdasan buatan. Fitur ini hadir di beberapa negara termasuk di Indonesia, sebagai bahan uji coba. Newsreader pribadi ini bekerja dengan mempelajari kebiasaan membaca pengguna. Semakin banyak berita yang dibaca pengguna, semakin banyak berita terkait yang didapat. Dengan bertumbuhnya pembaca berita melalui perangkat bergerak di Indonesia, fitur ini membantu pengguna mendapatkan akses dengan sekali klik ke peristiwa terkini yang mereka sukai.

“Mobile browser akan menjadi pintu gerbang bagi para pengguna internet di Indonesia dan akhir-akhir ini hampir semua pengguna menikmati konten internet pada layar kecil sambil beraktivitas. Ada beberapa tantangan yang dihadapi yang berhubungan dengan ketersediaan bandwidth, distribusi konten dan aksesibilitas,” kata Nuno Sitima, Executive Vice President Mobile Business Unit Opera Software.

“Opera telah menjadi yang terdepan dalam industri browser, dengan memperkenalkan beragam fitur seperti Video Boost dan fitur ad-blocker. Dengan beberapa fitur baru andalan ini kami ingin para pengguna kami bisa mengoptimalkan penggunaan internet.”

Beberapa fitur terkini pada Opera Mini baru
Beberapa fitur terkini pada Opera Mini baru

Beberapa fitur terkini pada Opera Mini baru lainnya adalah:

  • Kompresi untuk laman yang disimpan – Khawatir tidak cukup ruang untuk browsing offline? Nah, sekarang pengguna tidak perlu khawatir karena mereka dapat menyimpan laman lebih untuk penggunaan offline. Teknologi kompresi unik dari Opera Mini sekarang diperluas untuk fitur penyimpanan laman sehingga ukuran laman yang disimpan akan menjadi sekecil 10% dari ukuran aslinya. Fitur ini memastikan pengguna menyimpan laman yang berisi konten penting yang diinginkan.
  • Dukungan untuk video boost saat menggunakan mode Ekstrim – Video boost adalah teknologi kompresi yang mengurangi hingga 50% dari konsumsi data saat menonton video. Anda mendapatkan semua video yang biasanya Anda inginkan dengan penggunaan data yang sedikit dan memuat video lebih cepat. Jika Anda berada pada jaringa nirkabel (wi-fi) yang pada, Anda dapat mengaktifkan mode ekstrem untuk mempercepat koneksi yang lambat saat berada di cafe shop dan memuat video lebih cepat.
  • Menu lengkap bar notifikasi Facebook di Android – Sekarang Opera Mini mampu memberikan pengguna akses tercepat ke notifikasi Facebook tanpa harus membuka aplikasi lain. Setelah mengaktifkan bar notifikasi Facebook, pengguna cukup menarik bagian atas layar ponsel Android untuk mendapatkan menu lengkap Facebook beserta notifikasi.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca