• 27 Juli 2024 07:21

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Penjualan Mobil Bekas Turun Drastis Di Jabodetabek

BySyaidah Azahra

Feb 22, 2017

Lensautama.com – Di awal tahun 2017 , penjualan mobil bekas di kawasan Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi dan Tangerang  menurun. Ada tiga kawasan yang mengalami penurunan yang cukup drastis. Data ini diperoleh divisi penelitian dan pengembangan (Litbang) situs Carmudi melalui riset terbarunya. Dalam riset ini, Carmudi mengambil data mulai dari awal tahun 2017.

Kawasan Jakarta turun hingga 24,5%, di Depok menurun 31%, dan Tangerang turun 16,5%. Penurunan itu terlihat dari Desember 2016 hingga awal Februari 2017.

Menanggapi hal tersebut, Ikatan Pedagang Mobil Bekas Jakarta Timur (IPMJ), Ahmad Fadilah mengatakan, faktor penyebab kurang bergairahnya pasar mobil bekas, karena daya beli masyarakat yang melemah. Tidak hanya itu bagi pedagang mobil bekas, di awal tahun sulit mendapatkan unit yang akan dijual. Sehingga harga mobil bekas pun melambung tinggi.“Sebenarnya dari akhir tahun lalu sudah mengalami penurunan, dan belum ada kenaikan hingga awal tahun ini,” katanya.

Berdasar penuturan pedagang mobil bekas di kawasan Tangerang terungkap, penjualan mobil bekas sebenarnya masih stabil. Adapun kenaikan tapi tidak signifikan. “Penjualan tidak ada perubahan, dibilang stabil juga tidak stabil banget, ada bulan-bulan tertentu yang naik tapi tidak signifikan,” kata Yudith pemilik diler Berlian Auto yang berlokasi di Carsentro BSD Junction, Tangerang.

Untuk kembali mengairahkan pasar mobil bekas, khususnya di Tangerang dan sekitarnya, Carmudi menggelar program menarik konsumen. Pada periode 20 Februari hingga 20 April 2017, setiap pembelian mobil bekas di Carsentro BSD Junction, konsumen berhak mendapatkan cashback Rp 2 juta.

“Ini merupakan langkah Carmudi untuk kembali membuat iklim dagang mobil bekas semakin bergairah di awal tahun ini. Semoga para pedagang mobil bekas, khususnya di Carsentro BSD Junction merasakan adanya animo pembeli yang melonjak melalui program tersebut,” kata CEO Carmudi Indonesia, Subir Lohani.

Tidak hanya di Carsentro BSD Junction, di Carsentro Surabaya Carmudi juga menyediakan hadiah menarik bagi pembeli mobil bekas di Surabaya. Hadiah undian 2 unit Honda Brio akan diperebutkan 3 bulan sekali untuk konsumen mobil bekas di kawasan tersebut.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca