• 15 April 2024 21:53

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Total SPK Toyota

Jakarta – PT Toyota-Astra Motor (TAM) memulai tahun 2024 dengan catatan penjualan yang mengesankan dari pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Penjualan Toyota di IIMS 2024 naik 30% dari tahun lalu yang mencatatkan 1.947 SPK karena didorong oleh peningkatan sales kendaraan elektrifikasi (xEV).

Dimotori oleh Kijang Innova Zenix HEV yang mencatat 411 SPK, berkontribusi terhadap 16.2% dari total keseluruhan pesanan mobil baru Toyota yang tembus 2.540 SPK. Toyota Avanza dengan 380 SPK (15%) menempati posisi ke-2 yang diikuti Yaris Cross HEV di posisi ke-3 dengan 217 SPK (8.5%).

Veloz dengan 190 SPK (7.5%) dan Kijang Innova Zenix Gasoline dengan 180 SPK (7.1%) kemudian menyusul di posisi ke-4 dan ke-5.

Henry Tanoto, Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), mengatakan, raihan SPK Toyota di ajang IIMS 2024 naik sekitar 30% dari IIMS 2023. Pencapaian ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif terutama kendaraan elektrifikasi akan tumbuh semakin kuat ke depannya sekaligus mendorong roda perekonomian negara.

Dominasi raihan 411 SPK Kijang Innova Zenix HEV yang memimpin performa penjualan Toyota di ajang IIMS layaknya mampu merefleksikan apresiasi masyarakat terhadap model elektrifikasi secara umum dan Kijang secara spesifik. Animo masyarakat yang besar terhadap Medium MPV yang canggih dan modern ini, diperkuat gelar Car of The Year dari berbagai media ternama di tahun 2023 silam.

Belum ditambah garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km untuk menghadirkan peace of mind bagi penggunanya. Catatan resale value model-model elektrifikasi Toyota juga cenderung tinggi, dan bahkan pada beberapa model lebih baik dibanding varian bermesin bensinnya.

Yaris Cross HEV siap menjadi kekuatan baru kendaraan elektrifikasi Toyota dengan 217 SPK. Cross SUV produksi anak bangsa ini, menggunakan hybrid powertrain yang 40% – 50% lebih efisien dari kendaraan bermesin bakar konvernsional dengan konsumsi bensin mencapai 31 km/liter, yang juga berarti emisinya sangat rendah mengingat mesin bensin kian jarang beroperasi.

Ditilik dari penjualan xEV Toyota di event IIMS 2024, selain Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV, pendatang baru All New Vellfire HEV langsung mencatatkan penjualan dengan 55 SPK bersama saudaranya Alphard HEV yang mendapatkan 57 SPK.

Sehingga jika ditotal bersama HEV Toyota lainnya, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota di pameran skala internasional ini mencapai 762 SPK atau sekitar 30% dari total SPK Toyota. Hal itu juga berarti meningkat 5 kali lipat dari SPK xEV Toyota di IIMS tahun lalu di angka 150 SPK.

“Komitmen Toyota untuk menghadirkan Total Mobility Solution yang sesuai kemampuan pelanggan beserta ekosistem pendukung yang lengkap dan terpercaya, diyakini mampu memaksimalkan kepuasan pelanggan sehingga meningkatkan loyalitas kepada mobility solution Toyota” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca