• 22 Februari 2024 15:23

Le Minerale Berhasil Penuhi Standar Hydration Marathon Internasional

Marathon

Jakarta – Jakarta Marathon 2023 telah sukses digelar. Terhitung hampir 10.000 pelari dari seluruh pelosok Indonesia telah berpartisipasi di Gelora Bung Karno, Plaza Timur.

Kesuksesan Jakarta Marathon tentunya tidak terlepas dari upaya penyelenggara lomba yang telah memenuhi standar internasional, termasuk dalam pemilihan hydration partner.

Donny Tjahyadikarta, Race Director Jakarta Marathon 2023 mengatakan, pelaksanaan Jakarta Marathon tahun ini memang telah dilakukan peningkatan standarisasi penyelenggaraan dan keselamatan peserta, termasuk standar hydration point. Dengan membawa pengalamannya selama mengikuti 17 kali marathon dan 9 kalinya adalah Marathon International (Singapore, Tokyo, Berlin, Kyoto, London, Rotterdam, Boston dan Chicago) Donny mengakui Jakarta Marathon 2023 mengadaptasi standar marathon internasional yang pernah diikutinya ini.

“Saya sangat terkesan dengan standar pelaksanaan marathon di luar negeri, dengan rute yang sangat steril dan tersedianya meja water station yang sangat panjang di banyak titik, hingga seluruh masyarakat turun ke jalanan untuk memberikan support kepada pelari” ujar Donny.

“Sangat penting untuk memastikan hydration point yg cukup untuk pelari. Dulu-dulu kalo saya ikut marathon di Indonesia, di Km terakhir biasanya saya sudah keburu dehidrasi karena jarak antar water station terlalu jauh” tambahnya

Menyikapi suhu panas ekstrem pada akhir-akhir ini, Donny dan tim sudah antisipasi sejak awal, salah satunya menjadi hal yang sangat penting, yaitu dengan menyediakan 25 titik water station serta Le Minerale sebagai air mineral berkualitas yang sesuai dengan standar internasional. Water station ini akan menjadi titik-titik rehidrasi peserta.

“Biasanya hydration point di setiap negara umum nya ditempatkan setiap 2.5 Km, tapi ada juga beberapa negara menempatkan setiap 5 Km, tapi biasanya negara-negara tersebut cuacanya dingin. Di Indonesia yang sangat panas hydration poin harus lebih dekat, makanya tahun ini kami bikin setiap 2km dan setelah halfway setiap 1.5 Km untuk pelari marathon” kata Donny.

Persiapan water station ini bukan hanya menyangkut jumlah namun juga standar air mineral untuk hidrasi yang akan tersedia. Sesuai standar internasional, air mineral yang diperlukan pelari adalah air mineral dengan kandungan mineral yang telah teruji kualitasnya.

“Berdasarkan pengalaman saya sebagai pelari, penting sekali menghidrasi tubuh dengan air mineral yang mengandung mineral penting, seperti kalsium, magnesium, dan sodium. Karena kalsium dapat membantu kinerja otot, magnesium mencegah keram otot, dan sodium memastikan cairan yang dikonsumsi masuk tepat ke dalam tubuh” ucapnya.

Terkait hal tersebut, Donny juga bercerita bahwa dirinya dulu, karena kurangnya pengetahuan mengenai hydration yang tepat, setelah marathon ia sempat merasakan tubuh yang tidak bugar dan haus yang tidak hilang walau sudah minum banyak sekali.

“Menyadari sebegitu pentingnya kualitas hidrasi, maka dalam Jakarta Marathon tahun ini, kami melakukan banyak research dan kajian untuk benar-benar memastikan air mineral terpilih harus terbukti kualitas mineralnya. Untuk itu, kami memilih Le Minerale, yang telah terbukti mengandung mineral berkualitas, dan telah mencantumkannya di label kemasannya” jelas Donny

 

Upaya penyelenggara untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan ajang marathon ini berhasil menuai banyak pujian dari berbagai pihak, termasuk para atlit dan artis yang menjadi peserta. Mereka merasa terhidrasi dengan baik, walau berlari di suhu yang terbilang panas walau diadakan di pagi hari.

“Kami sangat senang melihat dan mendengar bahwa para peserta terhidrasi dengan baik walau berlari dalam cuaca yang terbilang panas. Banyak pelari menyampaikan bahwa Le Minerale adalah partner tepat karena rasanya yang segar dan kandungan mineralnya yang membuat tubuh terasa lebih bugar. Semoga ke depannya, Le Minerale bisa terus menjadi partner yang mendukung gaya hidup sehat semua orang” pangkas Direktur Sales dan Marketing Le Minerale, Riko Sistanto.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca