• 21 Februari 2024 16:14
Bosch Hadirkan Solusi Pertambangan

Bosch Hadirkan Solusi Pertambangan untuk Tingkatkan Efisiensi

 

Jakarta – Bosch, perusahaan penyedia layanan dan teknologi global terkemuka, kembali berpartisipasi dalam Mining Indonesia 2023. Pada ajang pameran peralatan pertambangan internasional terbesar di Asia ini, Bosch menghadirkan rangkaian solusi yang mengedepankan efisiensi dan produktivitas bagi para pelaku industri.

Dalam keikutsertaan kali ini, Bosch menampilkan jajaran teknologi dari empat divisinya: Drive and Control (Bosch Rexroth), Automotive Aftermarket, Building Technology, dan Power Tools.

Dengan portofolio solusi penambangan yang luas, dari sistem dan komponen penggerak, pengeras suara dan kamera PTZ, produk aftermarket off-highway serta power tools bagi profesional, Bosch berupaya memberikan solusi komprehensif untuk kebutuhan pelaku industri pertambangan dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Kristo Kenmart, Managing Director, Bosch Rexroth di Indonesia mengatakan, Bosch Rexroth berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri pertambangan di Indonesia dengan menyediakan teknologi berupa produk dan solusi yang dapat diandalkan.

Proyek penambangan membutuhkan sistem penggerak (drive system) agar produk tambang dapat dipindahkan dengan mudah. Di sisi lain, untuk merealisasikan itu, pelaku industri pertambangan terus-menerus berhadapan dengan tantangan operasional yang ekstrem, mulai dari kondisi lingkungan, bobot muatan yang berat hingga keterbatasan ruang.

Bosch Rexroth menawarkan Hägglunds Hydraulic Direct Drive Systems sebagai solusi untuk tantangan tersebut. Hadir dengan konstruksi keseluruhan, sistem penggerak ini sangat kokoh sehingga menjamin kinerja andal dalam berbagai kondisi lapangan.

Kemampuan memberikan torsi awal yang tinggi sangat krusial untuk mesin yang beroperasi dalam kondisi bermuatan berat, tanpa mengkhawatirkan masalah panas berlebih. Selain itu, desainnya yang ringkas, dengan fleksibilitas dalam instalasi, memungkinkan penggunaan ruang yang optimal di lingkungan pertambangan yang terbatas.

“Di Bosch Rexroth, kami memahami betapa critical-nya sistem penggerak yang andal dan efisien untuk meningkatkan aktivitas produksi di lokasi penambangan. Dengan ekosistem Hägglunds dan berbagai solusi pendukung lainnya, kami berupaya menyediakan teknologi pertambangan yang melampaui ekspektasi industri” Ungkap Kristo Kenmart.

Selain itu Bosch Rexroth menampilkan Mobile Hydraulic for Mobile Machines yaitu Rexroth Hydraulic System – yang dirancang untuk memberikan daya Hidrolik andal dan efisien untuk berbagai kondisi aplikasi ekstrem pada mesin dan kendaraan berat.

Bosch Rexroth melengkapi solusinya dengan Rexroth Service the Original – berupa layanan untuk memodernisasi hingga memaksimalkan masa pakai mesin jika terdapat kerusakan atau kendala (remanufaktur) yang dapat meningkatkan efisiensi dalam hal biaya, pengiriman, pengurangan limbah, hingga mengurangi jejak karbon dibandingkan dengan membeli produk baru.

Bosch melalui Divisi Automotive Aftermarket (AA) telah menjadi pemasok komponen kendaraan berat terdepan di industri pertambangan antara lain untuk kendaraan berat diesel, Bosch memiliki sistem diesel, pompa, dan injektor bahan bakar untuk menjaga mesin tetap beroperasi. Di Indonesia, Bosch telah memasok sistem diesel ke berbagai merek OEM utama.

“Kami menjamin efisiensi, daya tahan, dan kinerja yang maksimal. Dalam industri pertambangan, setiap detik menjadi penting, dan dengan suku cadang dari Bosch, operator pertambangan dapat beroperasi dengan percaya diri, mengetahui bahwa mesin mereka mendapat dukungan terbaik” kata Agung Sinulingga, Sales Manager Automotive Aftermarket, Bosch di Indonesia.

Pada gelaran Mining Indonesia 2023, Bosch AA juga menampilkan rangkaian baterai off-highway, seperti Maintenance Free HCV & Heavy Duty Battery yang menawarkan berbagai keunggulan.

Terdiri atas dua varian: SM T5 Mega Power Duty dan SM T4 Mega Power, seri baterai ini didesain untuk bebas perawatan, menjamin masa pakai yang panjang dengan performa tinggi. Selain itu, dengan konstruksi yang kuat, baterai ini aman dan tahan lama guna memenuhi kebutuhan operasional di pertambangan yang penuh tuntutan.

Bosch AA juga memamerkan serangkaian filter lengkap untuk oli, bahan bakar dan udara khusus untuk kendaraan berat komersial yang beroperasi di segmen pertambangan. Dibuat dengan material berkualitas tinggi dan teknologi filtrasi yang canggih, produk ini menjamin kinerja optimal dan umur pakai yang panjang, memastikan efisiensi dan keandalan kendaraan.

Bosch AA juga menyediakan jaringan bengkel diesel Bosch yang memiliki reputasi unggul dalam perawatan dan layanan sistem injeksi diesel, menjadikannya penyedia layanan yang dapat diandalkan bagi bengkel resmi, operator armada, dan kontraktor pertambangan.

Komentar pembaca