• 21 Juli 2024 07:15

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Program Ecosystem Prakerja

Jakarta – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai mitra atau Lembaga Pelatihan untuk memberikan pelatihan kepada para peserta Program Kartu Prakerja sesuai dengan SK Nomor 43 Tahun 2023 Tentang Penetapan Lembaga Pelatihan Program Kartu Prakerja.

Keputusan ini menegaskan posisi Hino sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk berkontribusi secara aktif dalam pengembangan sumber daya manusia dan perekonomian nasional. PT Hino Motors Sales Indonesia melalui Program Hino Indonesia Academy akan ikut berkontribusi dalam Program Ecosystem Prakerja.

Program ini merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan bagi para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi dimana program ini diatur dalam Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 113 Tahun 2022.

Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI mengatakan, peserta pelatihan Prakerja membutuhkan peningkatatan kompetensi atau keterampilan, dimana salah satu nya yang termasuk dalam prioritas bidang pelatihan Kartu Prakerja adalah pelatihan pengemudi kendaraan besar baik itu truk dan bus.

Program Kartu Prakerja yang digulirkan oleh pemerintah bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para pencari kerja dan pekerja terdampak COVID-19 untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja saat ini.

Melalui program Program Ecosystem Prakerja, peserta diberikan akses ke berbagai pelatihan dan pembelajaran, termasuk pelatihan industri yang relevan.

Dalam program ini, Hino Indonesia Academy selaku training provider akan mengadakan 2 program pelatihan yang dibuka untuk umum yaitu Pelatihan Mengemudi Kendaraan Besar Bus dan Pelatihan Mengemudi Kendaraan Besar Truk di Pusat Pelatihan Pengemudi Hino – Hino Total Support Customer Center (HTSCC), Purwakarta.

Mengikuti pelatihan pra kerja yang diselenggarakan oleh Hino Indonesia Academy memiliki beberapa keunggulan seperti para peserta yang telah mengikuti pelatihan dari Hino dan berprestasi akan memiliki link untuk masuk ke perusahaan – perusahaan yang membutuhkan dimana sebagian besar adalah pelanggan setia Hino.

“Hino Indonesia Academy hadir sangat tepat dan sebagai solusi bagi para peserta kartu Prakerja yang ingin mengambil pelatihan mengemudi kendaraan truk dan bus karena kami memang memiliki sumber daya yang lengkap dan terpercaya, mulai dari kendaraannya itu sendiri, fasilitas pelatihannya seperti sirkuit praktek, kurikulum pengajaran, hingga para trainer yang memiliki sertifikasi BNSP” Ungkap Santiko

Pelatihan digelar di Purwakarta karena merupakan letak dari HTSCC yang merupakan sirkuit pelatihan yang Hino miliki. HTSCC memiliki beragam fasilitas seperti basic driving course mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake.

Selain itu di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas – kelas bagi pengemudi yang mengikuti pelatihan dengan kurikulum dan trainer yang tersertifikasi BNSP. HTSCC Dibangun di atas lahan seluas 24.000-meter persegi dan Hino merupakan satu – satunya brand kendaraan komersial di Indonesia yang memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara bagi pengemudi pelangganya.

HTSCC digunakan untuk pelatihan berkendara truk dan bus yang aman, seperti teknik safety driving, teknik pengereman, mengemudi yang baik, mengemudi yang ekonomis, pemeriksaan harian, teknik blind spot sehingga tepat jika akan digunakan sebagai tempat pelatihan untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) kendaraan besar.

“Hino ingin berkontribusi dalam memberikan pelatihan pra kerja, khususnya untuk pengemudi profesi di fasilitas HTSCC dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan mengemudi bus dan truk yang benar dan aman, dimana ini sesuai dengan visi Hino untuk mewujudkan transportasi yang aman di Indonesia” jelas Santiko.

Komentar pembaca