• 21 Februari 2024 20:52

Dua Pembalap Gresini Racing, Hadapi Posisi yang Cukup Berisiko di MotoGP Spanyol 2023

MotoGP Spanyol 2023

Jakarta – Dua pembalap Gresini Racing yang didukung oleh Federal Oil, Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio, akan memulai balapan di MotoGP Spayol dari posisi yang cukup berisiko di MotoGP Spanyol 2023.

Hasil kualifikasi, Sabtu, (29/04/2023), Alex Marquez menjadi pembalap tercepat ke 12 dan Di Giannantonio berada di posisi 15. Alex Marquez sebenarnya cukup cepat saat mengendarai Ducati Desmosedici GP22, kondisi lintasannya kering dan ia tetap mempertahankan ban slick.

Lintasan jelang berakhirnya sesi kualifikasi kondisi aspal mulai mengering, sehingga pembalap ekstra memaksimalkan performa motornya. Risiko berada di barisan tengah ketika berlangsungnya Sprint Race membuat Alex Marquez harus terempas dari Ducati Desmosedici GP bernomor 73, akibat tersenggol Franco Morbidelli yang memaksa masuk, kemudian ditabrak oleh Marco Bezzecchi. Membuat kibasan bendera merah di awal balapan dai 11 lap.

Beruntung Alex Marquez tak mengalami cedera dan bisa ikut restart Sprint Race. Namun sayang, dia kehilangan cengkeraman ban saat akan menyelesaikan lap ke-4 dari 11 lap.

“Saya bisa dua kali start bagus saat Sprint Race, terutama saat pertama bisa memperbaiki posisi selepas tikungan 1 dan 2, tutur Alex. Ia pun mengaku masuk tikungan bersama Morbidelli, yang berusaha mendahului meskipun tak ada ruang di sana dan berakhir tabrakan. “Saya tak mengira dirinya akan berusaha untuk menyalip, cerita Alex Marquez..

Melanjutkan persaingan di restart, Alex Marquez mengatakan, dirinya terlalu bersemangat tampil bagus dengan memperbaiki beberapa posisi. “Sulit untuk diperkirakan dengan kondisi seperti ini dan kami mungkin harus lebih fokus mendapatkan hasil yang solid,” tambah pembalap asal Spanyl ini.

Sementara hasil kurang memuaskan harus diterima Di Giannantonio, dan ini bukan hasil balapan MotoGP terbaik mereka. “Kami terbilang masih unggul dalam hal kecepatan, kami bagus di awal balapan, dan kami percaya rekomendasi ahli dari tim mekanik untuk balapan besok,” terangnya.

Alex Marquez mengaku sulit untuk menyerang di lintasan ini, apalagi dalam kondisi seperti itu. “Tetapi kami harus senang dan memulai kembali dari sini besok,” kata Alex.

Alex Marquez dan Fabio di Giannantonio akan melanjutkan balapan Minggu (30/04/2023), dan harus mengejar tambahan poin di persaingan titel juara dunia MotoGP 2023.

Komentar pembaca