• 19 Maret 2024 11:14

5 Tips Food Preparation Untuk Masak Cepat dan Praktis

Jakarta – Hari Raya Idul Fitri tak lama lagi; sebuah momentum untuk berkumpul dengan keluarga. Memasak dan menikmati hidangan khas Lebaran, seperti ketupat sekaligus opor ayam, rendang, plus sambal goreng ati bersama sanak saudara sudah menjadi tradisi.

Sayangnya, pandemi belum berakhir. Memasuki tahun kedua, demi kebaikan seluruh masyarakat Indonesia, pemerintah kembali menetapkan larangan mudik beberapa pekan menjelang dan sesudah Hari Raya.

Tak usah risau. Saling mengirim makanan menjadi alternatif unik untuk tetap bisa mengungkapkan dan menikmati indahnya kebersamaan Idul Fitri. Makanan homemade memberi arti yang lebih personal sehingga lebih berkesan bagi penerima masakan kiriman Anda.

Pratiwi Lestari, Marketing Executive Bosch Home Appliances Indonesia mengatakan, meskipun tahun ini belum bisa berkumpul lagi dengan keluarga, jangan sampai semangat Anda untuk merayakan Idul Fitri kendur. Mengirimkan makanan buatan sendiri kepada sanak famili, atau bahkan kalangan yang membutuhkan, menjadi bentuk berbagi kebahagiaan yang semakin bermakna.

Produsen peralatan rumah tangga terbesar di Eropa, Bosch Home Appliances, membagikan 5 siasat untuk mempermudah proses menyiapkan makanan:

  1. Pilih menu simpel

Tentukan menu yang mudah untuk dimasak. Ingat, food prep berarti menyiapkan makanan dalam jumlah banyak. Hitung berapa porsi yang perlu Anda masak, catat bahan-bahannya! Usahakan untuk memilih bahan yang tidak perlu diproses berkali-kali dan dapat disimpan atau digunakan lagi jika diperlukan.

  1. Atur dapur!

Agar Anda tidak membuang waktu di dapur, rapikan peralatan masak Anda, letakkan sesuai kebutuhan pakai. Tentukan lokasi yang memudahkan Anda untuk menjangkaunya. Jangan lupa untuk menyiapkan tempat atau kontainer khusus bahan-bahan masakan. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah dan cepat menemukan bahan yang diperlukan sebelum mulai memasak.

  1. Kurangi ribet

Food Processor MultiTalent 3 dari Bosch misalnya, dilengkapi beberapa aksesoris serbaguna, seperti mixer, pencincang, penggiling, serta bermacam-macam pisau, termasuk pisau MultiLevel6. Dengan 2 pengaturan kecepatan, alat ini menghasilkan olahan bahan makanan yang sempurna secara singkat. Bosch MultiTalent 3 juga dilengkapi dengan mangkuk pengaduk berbahan plastik transparan dengan kapasitas 500 gr tepung dan maksimum 0,8 kg adonan.

  1. Pilah, atur, simpan

Setelah persiapan tuntas, tempatkan masing-masing bahan masakan yang sudah diproses (diiris, dicincang, digiling, dsb) di wadah terpisah. Jika tidak segera Anda masak, simpan di wadah tertutup dan berikan label penanda (termasuk tanggal pembelian bahan tersebut), lalu simpan di kulkas – jika perlu. Anda bisa melakukan food prep pada beberapa kelompok bahan makanan berikut:

  • sayur-sayuran segar: kacang polong, brokoli, kembang kol, wortel, seledri, paprika, buncis

  • umbi-umbian: kentang, ubi, labu

  • protein: makanan laut beku atau kalengan, telur, keju, tahu, potongan ayam tanpa lemak, daging sapi

  • segala jenis buah-buahan segar

  • kacang dan biji-bijian: almond, kenari, kacang tanah

  1. Cling usai pakai

Segera bersihkan alat-alat yang sudah digunakan untuk persiapan memasak Anda. Ketahui cara perawatan yang tepat untuk perkakas dapur yang Anda pakai. Untuk membersihkan Bosch MultiTalent 3 Food Processor, contohnya, ternyata cukup simpel.

By isnawati

Gadis kelahiran tahun 1995 lulusan UNPAM, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya karena tertular sang suami yang menjadi penulis di sebuah media lokal

Komentar pembaca