• 28 Maret 2024 15:35

Lebaran Kustom Indonesia Resmi Dibuka

ByYudi Atmaja

Okt 8, 2017

Lensautama – KUSTOMFEST Indonesian Kustom Kulture Festival kembali dilaksanakan pada tanggal 7-8 Oktober 2017 di Jogja Expo Center, Yogyakarta. Acara KUSTOMFEST inimenjadi salah satu acara yang paling ditunggu oleh pelaku dan pecinta industri kustom kulture diIndonesia dan mancanegara. Sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2012 lalu, KUSTOMFEST selalu hadir dengan membawa sebuah tema khusus dan pada tahun ini hadir dengan tema KUSTOMFEST 2017 – “No Boundaries”.

KUSTOMFEST yang dianggap sebagai Lebaran Kustom Indonesia resmi dibuka hari ini, Sabtu (7/10) oleh Lulut Wahyudi, Director KUSTOMFEST didampingi dengan Ibu Endang dari Disperindag DI Yogyakarta, Bpk Eka Sulistyana Ketua IMI DI Yogyakarta, Bpk AKBP AABS Yasin dari Direktorat Lantas Polda DI Yogyakarta dan Bpk AKBP Imam Kabut Kapolres Bantul.KUSTOMFEST telah menjadi barometer perkembangan dunia kustom kulture termasuk kreasi para builder dalam menampilkan karya-karya terbaiknya. Mengenai kualitas rancang bangun kendaraan yang disuguhkan, tentu sudah tidak diragukan lagi karena telah dikurasi oleh pihak KUSTOMFEST termasuk scrutineering yang sangat ketat sehingga teriuji kelayakan jalannya.

“Kami banyak mendapat input dari para bintang tamu dari luar yang hadir kalau kualitas peserta Kustom Bike Show khususnya meningkat dari tahun sebelumnya. Ini yang membuat kami berinisiatif membuat tema besar tahun ini “No Boundaries” yang bisa diartikan menembus batasan-batasan yang ada dalam berkarya,” sebut Lulut Wahyudi, Director KUSTOMFEST.Sedangkan Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri Msi menyambut baik digelarnya KUSTOMFEST 2017 karena menjadi wadah kreativitas para penggemar otomotif di seluruh Indonesia. “Selain wadah kreativitas bagi penggemar otomotif, kami lihat KUSTOMFEST juga memiliki potensi wisata yang baik karena mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah serta turis dari berbagai negara. Sementara dari sisi kepolisian, kami mengharapkan inovasi dari penggemar otomotif dalam berkarya yang berkualitas contohnya dalam membuat sarana transportasi motor untuk masyarakat,” sebut Kapolda dalam sesi press conference usai pembukaan KUSTOMFEST 2017 – No Boundaries.

Peserta Kustom Bike Show tahun ini mencapai 134 dengan rincian masing-masing untuk Main Class terdiri dari: Prostreet 7 motor, European Chopper & Bobber 2 motor, American Chopper & Bobber 15 motor, American Stock Custom 1 motor, FFA 14 motor, Cafe Racer 21 motor, Bagger 5 motor, Japan Chopper & Bobber 5 motor. Sedangkan di kelas Nitrohead terdiri dari FFA 32 motor, Choppy Cub 4 motor, Old & Retro 16 motor, Matic 1 motor. Sementara kelas khusus yakni Honda Scrambler 5 motor yang ikut didukung PT Astra Honda Motor dan Club Style 6 motor dengan disokong oleh Anak Elang Harley-Davidson.

Untuk display dan peserta kontes mobil di kelas Airkooled terdapat 3 mobil, Muscle Car 5 mobil, Hot Rod Custom 4 mobil, Low Rider 3 mobil, Pickup 7 mobil, Japan Retro Car 2 mobil, dan juga highlight khusus Pick Paradise yang menampilkan 7 mobil. Total dispay dan mobil yang didisplay berjumlah30 mobil.Di ajang KUSTOMFEST 2017 – No Boundaries juga akan menjadi kickoff program Indonesia Attack yang dinisiasi oleh KUSTOMFEST dalam mewadahi para builder muda Indonesia untuk bisa tampil di ajang Yokohama Hot Rod Custom Show di Jepang pada Desember mendatang.

“Saya percaya saat ini hasil karya dari builder Indonesia sudah bisa bersaing dengan builder asing, dengan hadirnya karya-karya Indonesia di sebuah ajang kustom internasional saya berharap dapat menarik perhatian dan pemberitaan dari media-media dari luar negeri sehingga mereka mau datang ke Indonesia dan melihat perkembangan kustom Indonesia.” sambung Lulut.

Highlight lain dari acara tahun ini adalah Royal Enfield Rebuild Classic Challenge dari PT Distributor Motor Indonesia, selaku diler resmi Royal Enfield di Indonesia yang sudah memilih beberapa builderseperti Lemb Inc, Katros Garage, 8 Garage, Kweni 5 Custom, Atelier Tjap Macan, Kedux Garage, Studio Motor, Darizt Design dan DGS Garage untuk memperlihatkan kreativitas mereka dalam bentuk desain menggunakan basis motor Royal Enfield.

PT Piaggio Indonesia juga akan menghadirkan salah satu artis pinstripe legendaris dari Jepang, Hiro “Wildman” Iishi yang akan menggoreskan kelihaiannya melukis dengan sebuah motor Vespa sebagai kanvasnya. Menuju Kustomfest 2017, Piaggio Indonesia juga menggelar touring dari Bogor  dengan mengajak pemilik Vespa, Piaggio, Moto Guzzi menjelajahi kota-kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Acara puncak pada hari minggu akan ditutup dengan pengundian Lucky Draw bagi pembeli yang sudah membeli tiket masuk KUSTOMFEST 2017 – No Boundaries seharga Rp 50.000,-.  Lucky Draw yang disiapkan untuk tahun ini adalah sebuah motor Trike Kustom yang menggunakan konstruksi chopper di bagian depan dan rancang bangun suspensi ala mobil Porsche di bagian belakang yang diberi nama “Ojo Dumeh”

Lulut menambahkan tema “No Boundaries” juga menjadi inspirasi baginya untuk membuat sebuah Lucky Draw yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Lucky Draw ini saya siapkan dengan waktu pembuatan sekitar dua bulan mulai dari pembuatan frame sampai dengan tahap finishing, nama “Ojo Dumeh” ini saya pilih menggunakan salah satu ungkapan dalam bahasa Jawa yang artinya kurang lebih adalah jangan pernah merasa tinggi hati” jelas Lulut.

Jadi andakah orang yang beruntung untuk bisa membawa Lucky Draw tahun ini? Beli tiket masuk seharga Rp 50.000,- sebanyak-banyaknya pada 7 dan 8 Oktober 2017. (len/ydi)

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca