LensaUtama

Cara Mengatasi “Jangan Tutup Area Jingga Layar” yang Muncul di HP Xiaomi

fitur jingga pada Xiaomi

LensaUtama.com – Bagi Anda yang memiliki HP Smartphone Android, khususnya Xiaomi, biasanya mengalami kendala-kendala tak terduga yang mengganggu kenyamanan saat menggunakannya. Menurut beberapa kawan yang memakai Xiaomi, ternyata hampir ditemukan di semua perangkat Xiaomi yang beredar, termasuk Xiaomi mi4i admin gunakan.

Salah satu gangguan pada hp Xiaomi yaitu munculnya notifikasi “jangan tutup area jingga layar” atau ” Don’t Cover The Orange Area”. Nah, dalam bahasan kali ini, redaksi LensaUtama.com akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Area Jingga Layar yang Muncul di HP Xiaomi

Cara pertama yaitu dengan cara masuk ke menu setting, kemudian masuk ke kunci layar dan sandi, kemudian nonaktifkan fitur cegah memanggil disaku.

Selanjutnya….


Jika belum berhasil, masih ada cara kedua yang mungkin ampuh bagi Anda. Biasanya hal tersebut dikarenakan kesalahan Proximity Sensor pada hp Anda. Nah kesalahan ini bisa diperbaiki dengan sangat mudah, yaitu dengan melakukan kalibrasi ulang pada Proximity Sensor (sensor layar). Berikut ini caranya.

Proximity Sensor (sensor layar) pada Xiaomi berada di bagian atas, seperti ditunjukkan oleh panah pada gambar di bawah ini.

Untuk memperbaiki kesalahan Proximity Sensor (sensor layar) ini, yang harus dilakukan pertama adalah masuk ke bagian pemeriksaan dan pengaturan Hardware pada Xiaomi. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Phone (Panggilan), lalu ketik kode:

*#*#6484#*#*

Secara otomatis layar akan menampilkan Hardware tests seperti tampak pada gambar berikut ini.

Pada tampilan Hardware tests tersebut, cari tap Proximity Sensor (sensor layar)  hingga ditampilkan layar seperti berikut ini. Sekedar catatan, angka-angka yang tampil mungkin berbeda pada setiap perangkat.


Selanjutnya….

Pada tampilan ini, tutuplah area Proximity Sensor (sensor layar) dengan menggunakan telapak tangan atau jari (lokasi sensor seperti yang ditunjukan pada gambar pertama) kira-kira 10 hingga 20 detik. Dalam kondisi tertutup, pastikan angka di bagian atas yang ditampilkan adalah 0.0. Kemudian tap tombol Calibrate (Kalibrasi).

Perlahan-lahan jauhkan jari kita dari Proximity Sensor (sensor layar) hingga angka di bagian atas menunjukan angka 5.xxxx (x bervariasi). Saat angka telah menunjukan 5.x tersebut maka akan ditampilkan pesan Calibration passed.

Tekan tombol Pass lalu tap tombol Home untuk kembali ke layar utama. Masalah teratasi.

Dan sampai tahapan ini masalah Proximity Sensor telah selesai diperbaiki. Jika setelah melakukan proses kalibrasi ini dan pesan yang ditampilkan adalah Calibration fail, maka kita tinggal mengulangi saja proses diatas.


Kembali ke awal….

Exit mobile version