• 29 Maret 2024 07:27

Cat Rumah Sendiri Lebih Banyak Keuntungannya

BySyaidah Azahra

Feb 22, 2017

LensaUtama.com- Cat ruangan di rumah sudah kusam? Kenapa tidak cat sendiri agar terlihat kembali lebih indah dan cantik ? Keuntungan yang di dapat saat mengecat rumah sendiri adalah, selain dapat mengecat sesuai selera, tentu saja menghemat biaya tukang. Nah, kali ini lensautama.com coba berikan beberap tips cara mengecat rumah agar terlihat cantik.

Persiapkan yang harus disiapkan adalah, lakban, masking tape, tangga, koran, amplas, dempul, kuas, kaleng air, bak cat dan roller. Sehingga saat bekerja Anda tak perlu lagi kerepotan mencari dan membuang-buang waktu lebih lama.

Jika terdapat noda besar pada dinding, bersihkan menggunakan spons dan air campuran deterjen. Lalu, diamkan sejenak hingga dinding mengering.Tutupi bagian yang ruang yang tidak ingin di cat menggunakan lakban atau masking tape. misalnya seperti bingkai jendela, gagang pintu, tepi plafon,dll. Usai mengecat, segera cabut masking tape atau lakban penutup sebelum cat mengering untuk menghindari cat ikut tercabut.

Jika terdapat retakan atau celah pada dinding, tutup dengan dempul terlebih dahulu dan ratakan menggunakan amplas halus.
Oleskan juga primer cat sebelum pengecatan agar hasil akhir rata dan mengkilap.

Cat yang akan digunakan harus diaduk terlkebih dahulu kurang lebih 5 menit dengan air sebanyak 10 persen dari jumlah cat yang ajkan digunakan agar tidak menggumpal dan menghasilkan wrna yang optimal.

Lapisi permukaan tembok yang akan di cat dengan water base atau solvent agar cat lebih rata, halus dan tidak mudah mengelupas. Anda juga bisa menggunakan wall sealer untuk menyesuaikan ph semen dengan ph cat sehingga warnanya lebih tahan lama. Amplas dinding terlebih dahulu atau beri warna dasar putih jika ingin mengubah warna dinding. Warna dasar putih akan membuat warna lebih terlihat cerah dan terang.
Agar kualitas warna dinding sama, sebaiknya Anda mengerjakan satu bidang permukaan dalam satu waktu. Jarak waktu antara lapisan satu dengan kedua sekitar 1-2 jam.

Roller cat membantu mengecat pada permukaan dinding yang besar, Untuk menjangkau area yang sempit seperti sudut ruang, Anda membutuhkan kuas ukuran kecil agar hasil cat tidak berantakan.

Lakukan pengecatan dengan metode zig zag dari atas ke bawah berulang kali hingga dinding tertutup rata.
Metode ini juga bisa diaplikaskan untuk meratakan warna permukaan dinding.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca