Selama Lima Tahun Berdirinya Kudo

Advertisements

Lensautama.com – Kudo hadir sebagai sebuah aplikasi digital untuk memajukan warung tradisional di Indonesia. Didirikan sejak 2014, Kudo telah memberdayakan warung tradisional lewat teknologi dan membantu warung menjadi serba bisa.

Mulai dari bisa berjualan apa saja termasuk pulsa, pembayaran tagihan dan tiket perjalanan, bisa stok barang grosir untuk warung lewat aplikasi, bisa kirim dan setor uang hingga menawarkan berbagai layanan keuangan digital, serta bisa membantu tetangga menjadi pengemudi Grab.

“Selama lima tahun terakhir, Kudo telah mencatat pencapaian yang cukup pesat untuk memajukan warung tradisional hingga ke pelosok negeri. Saat ini, Kudo telah berhasil memberdayakan lebih dari 2 juta agen di lebih dari 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Kedepannya, melalui gerakan #MajuinWarung kami berkomitmen untuk dapat memberikan akses digital kepada lebih banyak warung tradisional di tanah air serta melengkapi produk dalam aplikasi Kudo untuk membantu agar warung menjadi serba bisa melalui kerja sama dengan mitra strategis.” ujar Agung Nugroho, CEO & Co-Founder Kudo

Fokus Kudo

Saat ini, salah satu fokus Kudo adalah untuk memberikan layanan keuangan digital kepada masyarakat luas dengan keterbatasan akses digital dan perbankan.

Dengan layanan kirim uang melalui jaringan agen Kudo hasil kolaborasi dengan Bank BNI, Kudo ingin memberi manfaat bagi para pemilik warung yang adalah agen Kudo dan para pelanggannya untuk kirim uang tanpa perlu datang ke bank.

“Sepanjang tahun 2018 hingga saat ini, kami terus berfokus untuk menjangkau lebih banyak warung tradisional. Dalam periode tersebut, Kudo mencatat pertumbuhan agen yang signifikan yakni lebih dari 44% dari tahun sebelumnya dengan pertumbuhan paling pesat terjadi di 5 provinsi: Aceh, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Gorontalo, dan Sumatera Barat. Dari segi jumlah transaksi, Kudo mencatat pertumbuhan yang signifikan sebesar 132%,” tambah Agung Nugroho.

Salah satu keunggulan Kudo adalah memudahkan warung tradisional menjadi layanan belanja stok jualan warung (grosir). Lewat layanan grosir di aplikasi Kudo, agen dapat berbelanja stok barang dengan harga bersaing, jumlah SKU yang lebih beragam, serta bisa bayar di tempat atau cash on delivery (COD) tanpa batas maksimal transaksi.

Selain itu, agen Kudo bisa menerima barang yang dipesan dalam waktu yang sangat cepat, pesan hari ini dan besok langsung sampai.

Kudo juga memiliki tim yang berperan sebagai konsultan warung yang secara berkala akan memberikan informasi yang bisa membantu warung untuk meningkatkan usahanya. Layanan grosir kini sudah tersedia di lebih dari 20 kota dan kabupaten di Indonesia.

Tren Transaksi Pelanggan dan Agen Kudo selama Ramadan 2019

Selama Ramadan 2019, Kudo mencatat beberapa tren transaksi di aplikasi Kudo. Kudo menemukan bahwa transaksi terbanyak melalui agen Kudo dilakukan pukul 6-8 malam, yaitu sebelum dan sesudah waktu berbuka puasa. Dalam kurun waktu yang sama, produk dan layanan yang paling banyak diakses adalah pulsa, utilitas, kirim uang, produk supermarket, kupon dan voucher.

“Puncak transaksi kirim uang paling terjadi pada tanggal 28-31 Mei 2019, dan Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah transaksi kirim uang terbesar di Indonesia. Dengan adanya layanan kirim uang ini, kami senang dapat membantu masyarakat yang belum terjangkau akses keuangan dan perbankan di daerah untuk mengirim THR ke keluarga dan kerabat di momen spesial. Kedepannya, kami akan terus berusaha menghadirkan produk dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungkas Agung Nugroho.

Selama Lima Tahun Berdirinya Kudo

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d blogger menyukai ini: