LinkAja Jadi Alat Pembayaran Jalan Tol Tanpa Berhenti

Advertisements

Lensautama.com – PT Fintek Karya Nusantara atau Finarya, LinkAja akan menjadi alat pembayaran jalan tol tanpa harus berhenti.

PT Jasa Marga selaku pengelola beberapa ruas jalan tol di Indonesia, akan diajak kerja sama untuk menyiapkan layanan itu.

“Dalam waktu dekat, Jasa Marga akan menjual stiker LinkAja yang bisa ditempel di kaca mobil dan bisa diisi online dengan (aplikasi) LinkAja,” kata CEO Finarya, Danu Wicaksana seperti dikutip dari Viva (02/07/2019).

Agar dapat menjadi alat pembayaran tol tanpa harus berhenti, LinkAja akan menggunakan sistem Radio Frequency Identification (RFID). Finarya akan mulai memasang sistem detektor itu di 20 gerbang tol Senin 1 Juli, dan berfungsi membaca stiker LinkAja yang ditempelkan pada kendaraan pengguna.

Beberapa gerbang tol yang dipasangkan sistem itu dan ditargetkan rampung dalam dua minggu ke depan, di antaranya gerbang tol di wilayah Jakarta, Bali, Lampung, Serang, hingga Cengkareng. Hingga akhir tahun, ditargetkan 200 gerbang tol dipasang sistem itu.

“Isi saldonya tinggal online jadi enggak perlu tap di ATM,” kata Danu lebih lanjut.

Dengan hadirnya layanan itu, dipastikan lama waktu masuk kendaraan melalui gerbang tol akan makin berkurang. Dengan begitu, bisa membantu Jasa Marga untuk mengurai antrean panjang kendaraan saat memasuki gerbang tol.

“Jadi, dengan jumlah gerbang yang sama, kapasitas bertambah. Buat pengguna enggak usah repot-repot tangan keluar jendela, jadi sudah otomotis. Nama teknologinya RFID, nama metodenya single lane free flow,” pungkasnya

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d blogger menyukai ini: