Ternyata Handphone Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Advertisements

.

LensaUtama.com – Handphone atau ponsel merupakan alat berkomunikasi untuk seseorang berhubungan jarak jauh tanpa adanya komunikas visual. Semakin maju teknologi, kini ponsel dilengkapi beragam fitur tanpa mengurangi fungsi ponsel tersebut untuk menyesuaikan kebutuhan manusia.

Biasanya, penggunaan handphone yang terlalu lama dan sering, akan mengakibatkan dampak negative bagi kesehatan si pemakainya. Salah satu yang paling membahayakan adalah ancaman radiasi yang dihasilkan pada ponsel. Efek radiasi pada ponsel akan mengakibatkan timbulnya kanker.

Tapi, tahukah Anda bahwa penggunaan handphone atau ponsel dapat menurunkan berat badan? Untuk mengulas lebih jauh lagi, coba simak penjelasan berikut ini.

Para peneliti bersama Calit2`s Center for Wireless and Population Health Systems (CWPHS) dan Departement of Family and Preventive Medicine, di Universitas California, San Diego telah mengembangkan penelitian yang bertujuan mencari sisi baik ponsel dan hasilnya ternyata dapat membantu menurunkan berat badan.

ConTxt merekrut lebih dari 300 partisipan untuk penelitian itu. Sebagai bagian dari penyesuaian program, penelitian diselesaikan dengan kunjungan ke tingkat inti yang akan membantu menentukan gaya hidup para partisipan.

Sebagai contoh, menentukan toko grosir terdekat, menemukan peluang berolah raga dan kemungkinan daftar yang mendorong program itu dari teman atau keluarga.

Para peneliti dengan penelitian “ConTxt” akan mengevaluasi penggunaan pesan singkat ponsel guna mengingatkan para partisipan untuk membuat pilihan gizi yang bijak dalam sehari. Selama setahun, peneliti mengacak para partisipan dalam kondisi yang terintervensi yang juga akan diberikan pesan yang disesuaikan untuk mengurangi berat badan.

Selain itu, penelitian ini dinilai melalui perubahan gaya hidup, guna memantau aktivitas keseharian mereka. Intervensi itu dirancang untuk mengirimkan “tanda” teks atau pesan gambar dengan saran spesifik atau tips terkait seputar diet dan memperbaiki kebiasaan gaya hidup.

Penjelasan ketua investigator CWPHS Kevin Patrick, MD, MSm mengungkapkan, “Penelitian ConTxt sangat inovatif, melalui pendekatan langsung guna membuat orang bisa memantau aktivitas diet dan fisik mereka.”

Lebih lanjut beliau menambahkan, “Kami mencoba sebisa mungkin untuk membuat penelitian ini gratis. Orang tak ingin melekat pada sesuatu yang terlalu sulit dan mereka semuanya multitasking. Kami melakukan penelitian ini guna meningkatkan apa yang kami ketahui tentang penggunaan ponsel saat mendapatkan pesan ketika orang sedang sibuk dan sedang dalam perjalanan.”

“Tampaknya semua orang punya ponsel. Bagi mereka yang biasa membawanya sepanjang waktu, kami ingin melihat apakah kita dapat menggunakan teknologi yang sama untuk membuat orang berpikir berbeda,” terang koordinator penelitian ConTxt Lindsay W. Dillon, MPH, CHES.

Satu kesimpulan, semua itu kembali lagi kepada manusianya. Tentunya kesadaran yang tinggi akan membuat hasil yang maksimal.

 


Ternyata Handphone Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d blogger menyukai ini: