Karyawan Kontrak Juga Bisa Dapatkan KPR loh, Berikut ini Tips nya

Advertisements

Lensautama.com –  Status karyawan kontrak atau pegawai tidak tetap, biasanya bank agak ragu dalam memberikan pinjaman. Ragunya pihak bank karena khawatir sang debitur gagal bayar atau kredit macet. Tentu saja hal ini membuat karyawan kontrak jadi patah arang.

Ada beberapa strategi yang layak untuk dicoba agar bisa mendapatkan KPR. Seperti :
  1. Masukkan Penghasilan Lain .  Jika Anda memiliki penghasilan tambahan, lebih baik masukkan dalam catatan ketika mengajukan permohonan KPR ke bank dengan menyertakan bukti. Misalnya Anda memiliki usaha kuliner, jualan online atau guru private. Anda bisa menunjukkan bukti transfer atau penghasilan tersebut ke pihak bank. Dengan adanya gaji kedua tersebut, bank biasanya bermurah hati menyetujui permohonan KPR Anda. Karena pendapatan lain di luar pekerja kantoran akan meminimalisir risiko bank meminjamkan uang pada Anda.
  2. Rasio Pendapatan di Atas Cicilan ,  Pastikan pendapatan Anda harus lebih besar dari nilai cicilan rumah yang akan dibeli. Kenapa? karena bank akan menghitung rasio pendapatan Anda terhadap cicilan rumah. Pihak bank akan mempertimbangkan untuk meng-approve (menerima) permohonan KPR Anda.  Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan tidak memiliki utang lain di luar cicilan KPR. Misalnya, gaji Anda Rp 5 juta tiap bulannya. Dengan biaya hidup Rp 2,5 juta dan kredit motor Rp 1 juta, Anda masih memiliki sisa uang Rp 1,5 juta.
  3. Perbesar Tabungan dan Investasi , tingkatkan jumlah tabungan dan investasi demi menambah keyakinan bank bahwa Anda memang mampu secara finansial, meski status pekerjaan belum tetap. Perbesar juga tabungan  dengan mengurangi biaya tak perlu. Dengan memiliki tabungan plus investasi serta tidak memiliki utang, maka kondisi finansial Anda akan sangat sehat sehingga tak ada alasan bagi bank untuk tak menyetujui permohonan KPR Anda.
  4. Cari Pembayaran Non-KPR ,  Untuk mendapatkan rumah idaman, tidak hanya dengan KPR ke bank, tapi ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan langsung mencicilnya ke developer secara berkala dengan bunga 0%. Karena itu, rajinlah mencari informasi mengenai kredit rumah langsung ke developer. Pasalnya, banyak perusahaan properti yang saat ini memberikan alternatif dalam pembelian selain dengan cara KPR.
  5. Cari Promo Kredit Rumah ,  Anda juga harus rajin datang ke pameran properti. Tujuannya tentu saja untuk mendapat promo kredit rumah baik dari pengembang maupun bank penyedia KPR. Dengan datang ke pameran perumahan, peluang Anda mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan rumah menjadi lebih besar. Bahkan saat ini ada cukup banyak pengembang yang memberikan keringanan bagi konsumen dalam membeli properti, misalnya cash bertahap tanpa perlu ajukan KPR ke bank.

Selamat mencoba….. !!


Sumber : rumah.com

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
%d blogger menyukai ini: