Tetap Sehat Selama Bekendara Bersama dr. Daniel Bramantyo

Advertisements
.
  • The Multitasker

Posisi duduk yang sering berubah-rubah dan tidak stabil adalah definisi dari prosisi duduk ini. Untuk keluhan yang sering di dapat yaitu kram kaki, nyeri pinggang bawah dan bokong.

  • The Racer

Duduk yang terlalu bertopang ke belakang dengan kaki yang lurus adalah definisi dari posisi duduk ini. Untuk keluhan pada posisi ini terjadi pada nyeri samping bagian pinggang serta nyeri piggang bawah.

Dari berbagai posisi duduk diatas, pengemudi dapat mengurangi resiko dengan melakukan beberapa hal yaitu:
  • Mengganjak leher dengan bantal leher atau handuk kecil.
  • Posisi lutut dibawah pinggang.
  • Posisikan kursi senyaman mungkin agar dapat mencapai pedal gas dengan baik.
  • Kedua tangan berada pada kemudi (kecuali saat mengganti gigi).
Regangkan otot-otot

Dalam melakukan perjalanan jauh, sebaiknya luangkan waktu untuk merenggangkan otot-otot terutama di bagian kaki, guna menghindari Deep Vein Thrombosis (DVT) yaitu penggumpalan darah pada kaki yang disebabkan terlalu lama duduk.

Lakukan kegiatan peregangan otot sederhana di mobil, seperti membalikan badan ke kanan dan ke kiri, mengangkat kaki lalu memutar tumit dan menundukan kepala ke bawah dan keatas.

Beberapa kegitan tersebut dapat membantu untuk memulihkan otot yang renggang akibat terlalu lama bekendara.

 

Hindari Stress

Bagi sebagian orang, mengemudi merupakan suatu kegiatan menyenangkan, namun ada juga yang tidak sependapat dengan hal itu. Agar perjalanan menjadi menyenangkan, sebaiknya rencanakan perjalanan lebih awal untuk menghindari jam-jam kemacetan di beberapa tempat tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan musik favorit untuk mengurangi tingkat stress dan kejenuhan dalam bekendara jarak jauh

.

Back


Tetap Sehat Selama Bekendara Bersama dr. Daniel Bramantyo chevrolet

Komentar Pembaca