Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2019 Gerakan Ayo Minum Air Sebagai Gaya Hidup Sehat

Advertisements

.

Lensautama.com –  Kerja sama gerakan Ayo Minum Air (AMIR) multi-pihak antara Indonesian Hydration Working Group-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan Danone AQUA, yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali dihadirkan dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) yang jatuh di tanggal 14 Maret 2019.

Peringatan Hari Ginjal Sedunia yang dihadiri oleh 1.000 siswa sekolah dasar di Jakarta dan 500 ibu PKK ini dilaksanakan untuk merayakan keberhasilan edukasi hidrasi yang dilakukan di 10 provinsi di tahun 2018.

Pada tahun ini, edukasi AMIR akan diperluas di lima provinsi di Indonesia, DKI Jakarta, Bali, DI Yogyakarta, Lampung, dan Sulawesi Selatan, agar kebiasaan minum air sejak dini dapat diadopsi di seluruh Indonesia.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, Sp.M mengatakan, “Saya senang acara ini bisa terlaksana karena mengedukasi orang tua dan anak-anak tentang cara menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh itu sangat dibutuhkan. Dari hal-hal yang mudah dilakukan seperti minum air yang cukup dan melakukan aktivitas fisik bisa memberikan dampak besar untuk kesehatan.”

Prof. Nila Moeloek menambahkan bahwa, “Acara Hari Ginjal Sedunia hari ini adalah lanjutan dari kegiatan pendidikan dan pelatihan cara hidup sehat yang telah diikuti oleh 202 Sekolah Dasar Negeri pada bulan Desember 2018 di Jakarta. Seluruh rangkaian kegiatan dibuat untuk turut serta mendukung inisiatif Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia guna memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup sehat seperti gizi seimbang, hidrasi sehat, dan berolah raga secara teratur supaya bisa terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal.”

.

Lanjut Halaman 2


Komentar Pembaca