Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Dalam Pencarian Karakter Bangsa

Advertisements

.

Ketua Aliansi Kebangsaan, Ketua Pembina Yayasan Suluh Nuswantara Bakti (YSNB) dan Ketua Umum FKPPI, Pontjo Sutowo, mengatakan wacana publik harus bergeser dari kegaduhan politik sehari-hari menuju pertukaran pikiran yang lebih reflektif, substansif dan visioner.

“Dalam diskusi ini, diingatkan bahwa sejarah sekali lagi memanggil peran intelektual dan pers perjuangan untuk mengambil peran konkrit dengan membentuk agenda setting dalam mengarahkan peta jalan pembangunan yang dikehendaki,” ucap Pontjo dalam pembukaan diskusi, di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Sementara, dalam kesempatan yang sama, Prof.Dr. Emi Salim, pakar ekonomi yang juga pernah menjabat sebagai menteri di era orde baru mengatakan bahwa terkait Pancasila sebagai paradigma pembangunan sebaiknya menggunakan cara berpikir yang sederhana dan praktis.

“Kita ini kan masih dalam proses pembangunan bangsa dan terus berjalan, jadi kita harus mencari karakter kita sendiri di tengah-tengah pergaulan bangsa ini. Di dalam proses pencarian karakter bangsa itu menurut saya, kita mengembangkan Pancasila sebagai paradigma pembangunan,” jelas Emil.

.

Back


 

Komentar Pembaca