Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Dalam Pencarian Karakter Bangsa

Advertisements

Lensautama.com | Pembangunan nasional merupakan gerak berkelanjutan dari peningkatan mutu budaya dan peradaban dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional berlandaskan Pancasila.

Tujuan pembangunan nasional sendiri adalah mewujudkan perikehidupan kenegaraan dan kebangsaan yang “merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

Meski demikian, energi politik yang terlalu banyak terkuras dalam memenangi kontestasi sering kali membuat agenda pembangunan bergeser menjadi bersifat jangka pendek dengan mengabaikan persoalan-persoalan fundamental berjangka panjang.

Untuk meningkatkan kesadaran politik akan kepentingan jangka panjang pembangunan nasional serta sejumlah agenda pasca-pemilihan perlu dikembangkan wacana publik secara intensif dan ekstensif.

Dalam rangka menggugah kesadaran (awareness) dan kewaspadaan (alertness) kolektif bangsa bahwa perubahan global dan ancaman yang begitu cepat akan sangat mempengaruhi pembangunan nasional bahkan kelangsungan hidup bangsa dan Negara Indonesia.

Dengan dasar itulah Aliansi Kebangsaan bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia dan didukung Harian Kompas menyelenggarakan diskusi serial selama satu tahun, di bawah tema “Mengukuhkan Kebangsaan yang Berperadaban: Meraih Cita-Cita Nasional dengan Paradigma Pancasila.”

.

lanjut halaman 2


Komentar Pembaca