Chevrolet Mengingatkan Kembali Pentingnya Defensive Driving bagi Kaum Perempuan

Advertisements

.

Lensautama.com – Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) dirayakan setiap tanggal 8 Maret di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hari ini diperingati sebagai hari istimewa  bagi kaum perempuan sebagai bentuk ‘pengakuan’ dunia internasional atas peran perempuan dalam pembentukan peradaban dunia.

Di tahun 2019 ini, Hari Perempuan Internasional mengangkat tema #BalanceforBetter yang mengajak para perempuan di seluruh dunia untuk terus berjuang demi keseimbangan dan kesetaraan gender dalam berbagai bidang.

Semakin banyak perempuan, terutama yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, memilih untuk menekuni peran wanita karier dengan berbagai kegiatan dan rutinitas yang mereka miliki. Banyaknya kegiatan dan tingginya rutinitas membuat perempuan dituntut untuk senantiasa dapat mandiri, termasuk terampil pada saat mengemudi kendaraan yang pada akhirnya menuntut para wanita tersebut untuk memiliki keterampilan defensive driving.

Defensive Driving

Menurut National Safety Council’s Defensive Course (USA), defensive driving dapat didefinisikan sebagai metode berkendara untuk menyelamatkan nyawa, termasuk juga waktu dan uang dalam berbagai kondisi sekitar. Meskipun kondisi jalan atau cuaca tidak mendukung sehingga berpotensi membahayakan seluruh penumpang, pengemudi perlu tetap tenang dan menghindarkan diri dari kemungkinan terjadi kecelakaan.

Seiring dengan pentingnya defensive training bagi perempuan saat mengemudi,

Chevrolet Indonesia menghadirkan beberapa tips dalam teknik defensive driving:
  • Periksa tekanan ban, bahan bakar, dan kondisi keseluruhan kendaraan sebelum berkendara.
  • Sesuaikan posisi kolom kemudi, kaca spion, dan sesuaikan posisi tempat duduk Anda sebelum mengemudi.
  • Mengamankan barang bawaan agar tidak bergeser saat saat kendaraan berjalan. Apabila diperlukan, gunakan tali pengikat yang dapat dikaitkan ke bagian dalam bagasi, untuk memastikan barang-barang tetap pada tempatnya sehingga tidak menimbulkan bunyi yang dapat mengganggu konsentrasi mengemudi.
  • Gunakan sabuk pengaman dan minta penumpang lainnya termasuk yang duduk di belakang (termasuk baris ke-3 pada kendaraan SUV dan MPV 7 seater) untuk melakukan hal yang sama.
  • Hindari berbagai gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi termasuk silau cahaya ponsel Anda. Mata tetap harus berfokus pada lalu lintas dengan posisi kedua tangan pada lingkar kemudi dengan posisi jam 9 dan jam 3).
  • Atur penyimpanan barang-barang yang dibutuhkan agar mudah dijangkau, dan jangan pernah menyentuh barang ketika sedang mengemudi.
  • Waspada terhadap blind spot (sudut samping kiri dan kanan pengemudi yang tidak terjangkau oleh kaca spion luar) dan nyalakan lampu sein dan sebelum pindah jalur atau berbelok arah. Pengendara Chevrolet Trailblazer dapat mendeteksi blind spot melalui indikator blind spot yang dapat dilihat pada kaca spion luar.
.

Lanjut Halaman 2


Komentar Pembaca