Tips dan Trik Foto Melalui Ponsel Kamera ala Melody Amadea

Advertisements
Mengambil Foto dengan Angle Straight / Lurus

Beberapa subjek yang memiliki garis lurus seperti meja, pohon atau jalanan akan terlihat menjadi tidak real atau seperti miring apabila diambil dengan bagian angle yang tidak lurus. Maka penting untuk mengambil foto dengan angle yang lurus agar foto tidak terlihat seperti telah dimanipulasi.

.

Berikan Ruang Lebih

Saat jarak lebih dekat terhadap subjek dan menyisakan ruang yang lebih, tapi ini dilakukan untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat. Idealnya, sisakan ruang lebih dihadapan subjek agar dapat terlihat lebih luas hingga bagian belakang foto. Dengan sisa ruang tersebut, foto akan menjadi lebih menarik.

.

Sebagai contoh, Anda dapat menempatkan subjek lebih miring kearah sebelah kiri/kanan/atas sehingga ada ruang yang tersisa. Ini memberi kesan yang baik dalam foto serta membuat orang bertanya, sebenarnya model lebih fokus untuk untuk menunjukkan bagian sebelah mana? Cara ini juga dapat membangkitkan atmosfer dalam foto Anda, sehingga menjadi lebih hidup.

.

Rumus Rule of Thirds

Gunakanlah prinsip Rule of Thirds, tempatkan subjek jangan ditengah-tengah bidang foto untuk menambah daya tarik. Ada dua cara menambahkan komposisi dalam foto yang sama dalam pemotretan. Pertama, yaitu jangan tempatkan model di tengah bidang foto.

.

Kedua, potonglah sedikit bagian yang kosong, sehingga model tidak lagi berada ditengah-tengah tampilan gambar, cara ini menjadikan gambar lebih fokus dan dinamis dari yang sebelumnya. Pada kamerasmartphone biasanya terdapat fitur Grid yang dapat dimanfaatkan sebagai titik-titik yang dapat membuat foto terlihat lebih menarik.

.

Menangkap Subjek dengan Auto Fokus

Untuk menciptakan foto dengan fokus yang baik, Anda dapat mengubah pengaturan pengambilan gambar (foto) menjadi touch focus pada smartphone agar Anda mudah dalam menentukan objek mana yang ingin anda fokuskan.

.

Pada smartphone Android, caranya adalah dengan membuka aplikasi kamera seperti biasa, lalu sentuh softkey (tombol pilihan) lalu pilih menu capturing method (metode pengambilan gambar) dan pilih touch capture. Kemudian untuk mengambil gambar dan menentukan objek yang ditentukan, sentuhlah layar Anda, maka akan muncul kotak berwarna hijau (area dimana kamera akan fokus secara otomatis).

/..

Jika anda sudah menentukan area tersebut Anda tinggal mengangkat jari dari kamera dan kamera akan mengambil gambar tersebut. Sedangkan untuk Iphone, Anda dapat langsung menyentuh layar, lalu akan muncul kotak berwarna kuning atau pada varian terbaru, sudah terdapat fitur portrait yang memudahkan Anda mengambil gambar fokus.

selanjutnya di halaman 3…


Komentar Pembaca